detikhealth

Pancaroba, Waspada Diare dan ISPA

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 11/10/2017 17:35 WIB
Pancaroba, Waspada Diare dan ISPABeberapa penyakit tertentu bisa meningkat saat musim pancaroba. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Saat musim pancaroba, musim peralihan dari kemarau ke hujan dan sebaliknya, beberapa penyakit seperti diare dan Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) perlu diwaspadai. Pasalnya penyakit-penyakit ini selalu meningkat saat musim pancaroba.

Disampaikan oleh dokter umum dari RS Permata Depok, dr Kevin William Hutomo atau yang akrab disapa dr Kevin mengatakan bahwa sebenarnya diare dan ISPA bisa saling berkaitan, tapi bisa juga tidak.

"ISPA dan diare ini bisa saling connected bisa juga enggak. Kalau diare ini biasanya dari pola makan kita, dari apa yang kita makan, dari kebersihan makanan yang kita makan, sehingga terjadi infeksi yang menyebabkan diare" jelas dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok, saat ditemui detikHealth.

dr Kevin menjelaskan diare sendiri disebabkan ada sesuatu masuk ke dalam usus yang seharusnya tidak ada dalam tubuh. Jadi dibuang secara terus-menerus karena dianggap suatu kelainan atau suatu penyakit.

Baca juga: Musim Pancaroba, Begini Trik Cegah Panas Dalam

"Jadi tubuh kita enggak mau penyakit ini ada di dalam tubuh kita. Maka dibuatlah oleh tubuh kita suatu mekanisme diare. Cuma permasalahannya pada saat dibuang, ini kan tubuh kita enggak bisa bedain. Mana yang dibutuhkan dan mana yang penyakit, jadi semuanya dibuang oleh tubuh kita," ucap dr Kevin.

Menurutnya, yang paling penting saat mengalami diare adalah menyiapkan oralit. Selain itu bisa juga minum minuman yang mengandung elektrolit yang dapat membantu tubuh terhindar dehidrasi.

"Untuk mencegahnya ya tentu saja kita harus mempertimbangkan, pada saat mau makan, ini pengolahan makanannya gimana, terjamin tidak kebersihannya? Karena pengolahan dan penyjmpanan makanan yang kurang baik akan menyebabkan kontaminasi pada makanan, misal sering jajan-jajan di pinggir jalan, itu kan enggak tahu bagaimana pengolahannya. Takutnya pada saat pengolahan makanannya enggak bagus atau kurang bersih kemudian kita konsumsi makanan tersebut ya jadilah si penyakit diare ini," tutur ayah dua anak kembar ini.

Sementara ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan disebabkan oleh virus ataupun bakteri di udara. Bisa ditularkan dari orang yang bersin, atau bisa juga dari orang yang batuk.

"Partikel-partikelnya kan pasti terhirup saat bernafas baik partikel debu, partikel virus, partikel bakteri. Tergantung daya tahan tubuh kita, bila dalam keadaan baik, mudah-mudahan tidak sampai terjadi suatu infeksi atau peradangan" pungkas dr Kevin.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Pancaroba(hrn/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit