detikhealth

Susah Sixpack? Mungkin Ada yang Terlewatkan dari 6 Hal Ini

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 14:35 WIB
Susah Sixpack? Mungkin Ada yang Terlewatkan dari 6 Hal IniMembentuk otot harus memperhatikan enam hal berikut. Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta, Membentuk otot perut gampang-gampang susah. Jika Anda rajin olahraga serta tahu apa yang harus diperhatikan, perut sixpack bisa saja didapatkan dalam waktu yang relatif lebih cepat kok.

Apa saja yang harus Anda lakukan telah detikHealth rangkum dari Men's Health, Kamis (12/10/2017). Coba dicek lagi, siapa tahu memang ada hal penting yang luput dari kebiasaan Anda.

1. Mencukupi nutrisi sebelum berolahraga
Ada pepatah yang mengungkapkan bahwa sixpack didapatkan bukan dari gym melainkan dari masakan yang Anda konsumsi setiap harinya. Makanan seperti roti gandum, smoothie buah, atau oatmeal adalah pilihan yang tepat.

2. Memenuhi nutrisi setelah berolahraga
Temuan dari University of Texas menyebutkan setelah berolahraga, tubuh dapat menyerap protein 50 persen lebih baik. Karena itu, konsumsi protein sangat dianjurkan setelah berolahraga dan membantu pembentukan otot. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan karena level insulin yang turun seiring proses penyerapan protein.

3. Pilihan olahraga yang tepat
Ada olahraga yang bisa membentuk otot perut, karena itu Anda harus mengenalnya terlebih dulu. Salah satunya adalah dengan rajin melakukan gerakan Sit Up, Curl Up atau Russian Twist.

Baca juga: Ingin Sixpack Seperti Cristiano Ronaldo, Apa Saja Olahraganya?

4. Perhatikan angka lemak tubuh
Sixpack terbentuk apabila massa lemak tubuh berada di angka 10 persen atau kurang. Dan Rockwood, style editor dari Men's Health biasanya menyiasatinya dengan berjalan kaki selama satu jam dengan keadaan perut kosong.

5. Makanan untuk pemulihan pasca olahraga
Hal ini adalah masalah yang mungkin sering terlewatkan banyak orang. Dari beberapa makanan tertentu seperti zaitun ditemukan anti peradangan yang membantu proses tubuh kembali normal setelah latihan yang Anda lakukan dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh membentuk otot.

6. Istirahat
Jangan cuma memperhatikan asupan nutrisi dan olahraga yang Anda pilih, terlalu memforsir diri tanpa memberikan tubuh waktu untuk beristirahat pun bisa menghambat tujuan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang Anda impikan.

Baca juga: Ssstt! Ini Cara Praktis Bikin Perut Six Pack Seperti Cristiano Ronaldo(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit