detikhealth

Sertifikat Halal Beberapa Vaksin di Indonesia Bukan Hanya dari MUI

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 12/10/2017 17:09 WIB
Sertifikat Halal Beberapa Vaksin di Indonesia Bukan Hanya dari MUISertifikat halal beberapa vaksin di Indonesia tidak hanya dari MUI. Foto: Instagram
Jakarta, Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat pernyataan bahwa belum ada fatwa MUI mengenai kehalalan vaksin measles rubella (MR). Alasannya karena pihak Bio Farma belum mengajukannya dokumen penelitian ke MUI.

Menanggapi pernyataan tersebut, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Elizabeth Jane Soepardi, MPH mengatakan bahwa sertifikat halal untuk vaksin MR memang sedang dalam proses.

"Kalau untuk sertifikat halal sedang diproses. Bio Farma sudah berhubungan dengan MUI dan pabrik vaksin di India. MUI minta data-data ke pabrik yang di India, Bio Farma yang membantu menyediakan," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (12/10/2017).

Baca juga: MUI Sebut Vaksin MR Tidak Halal, Ini Tanggapan Kemenkes

Menurutnya, sertifikat halal vaksin tidak hanya dapat dikeluarkan dari MUI saja. Namun bisa dikeluarkan oleh badan halal dari negara lain yang sama halnya dengan MUI seperti Asosiasi Halal Amerika (IFANCA).

"Vaksin baru seperti HPV (human papillomavirus) untuk kanker serviks dan PCV (pneumococcal conjugate vaccine) untuk pneumonia sudah ada sertifikat halal dari IFANCA," jelas dr Jane sapaan hangatnya.

Baca juga: MUI: Kalau Ada yang Bilang Vaksin MR Halal, Itu Bohong!

Sementara itu, sampai saat ini baru ada dua vaksin yang memiliki sertifikat halal dari MUI. "Vaksin halal itu cuma ada dua, vaksin meningitis dan vaksin flu," ucap Sekretaris Fatwa MUI Asorun Niam Sholeh, dikutip dari detikNews.

Baca juga: Foto: Ekspresi Bocah-bocah Saat Imunisasi Ini Jadi Meme Kocak!(wdw/wdw)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit