detikhealth

Bangun! Yuk Singkirkan Kantuk dengan Cara Ini

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 09:12 WIB
Bangun! Yuk Singkirkan Kantuk dengan Cara IniYuk bangun dang singkirkan kantuk di pagi hari. Foto: Getty Images
Jakarta, Kukuruyuk! Ayam sudah berkokok beberapa jam yang lalu tapi kok rasanya kantuk tidak hilang-hilang? Kalau begitu, bangun dan jauhi tempat tidur Anda. Lakukan hal-hal yang bisa memberikan semangat pada diri Anda.

Dikutip dari Besthealthmag, Jumat (13/10/2017), di bawah ini ada cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk lebih bertenaga. Yuk tetap semangat agar rejeki tidak dipatok ayam.

1. Atur napas
Dr. Woodson Merrell penulis buku Power Up memberikan saran untuk menarik napas pelan selama 4 detik, tahan juga selama 4 detik, lalu hembuskan perlahan sampai hitungan ke-6. Ulangi sebanyak 4 kali.

2. Olahraga
Sejumlah aktivitas fisik misalnya berjalan kaki selama 10 menit akan meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh Anda dan membuat Anda merasa lebih energik, ungkap Beth Mansfield ahli fisiologi olahraga dan pakar diet dari Ottawa.

Baca juga: Mengantuk Gara-gara Sakit Maag, Mungkinkah?

3.Minum air putih
Sebenarnya tak perlu kopi untuk membuat Anda bersemangat di pagi hari. Dengan minum air putih juga bisa memberikan kesegaran. Jika ingin yang memiliki rasa, coba dengan mengonsumsi susu, teh, atau mungkin infused water.

4. Meditasi
Cari udara segar seperti halaman rumah dan bermeditasi selama 5-10 menit. Niscaya, energi positif akan memenuhi pikiran dan membuat Anda lebih bertenaga.

5. Hirup aroma segar
Aroma wewangian seperti peppermint dapat mengajak Anda bangkit lho. Coba hirup wangi lotion atau minyak yang mempunyai aroma menyegarkan. Namun, menghirup udara pagi yang segar dengan berada di luar rumah sepertinya pun bisa memberikan efek yang sama.

6. Sarapan
Sudah makan? Jika belum, sarapan dengan sayur-sayuran saja seperti bayam yang mengandung kalium serta banyak vitamin B, kesemuanya penting bagi metabolisme energi.

Baca juga: Bila Orang Sering Merasa Ngantuk(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit