detikhealth

Konsultasi Umum

Penyebab Mata Merah yang Berpindah-pindah

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 13/10/2017 15:33 WIB
Penyebab Mata Merah yang Berpindah-pindahPenyebab mata merah yang berpindah-pindah/Foto: Thinkstock
Jakarta, Kemarin istri saya, mata sebelah kanan mengalami kemerahan kemudian pindah ke sebelah kiri. Kemudian hari menular kedua mata saya mulai dari pagi. Ini penyakit apa ya Dok? Apa berbahaya? Apalagi kami punya bayi umur 4 bulan. Mohon resepnya obat matanya Dok, kalau ada obat tradisional boleh. Terimakasih.

S (Laki-laki, 31 tahun)

Jawaban

Mata kanan mengalami kemerahan itu bisa pertanda lebih dari 33 penyakit, antara lain: konjungtivitis hemoragik akut, blefaritis pada dewasa, konjungtivitis alergika, konjungtivitis bakterial, ulserasi kornea, penyakit mata merah (di dalam ilmu kedokteran diistilahkan sebagai keratoconjunctivitis sicca), kasus emergensi abrasi kornea, dsb.

Berbahaya tidaknya tergantung penyebabnya, apakah virus, bakteri, zat asing, atau penyebab lainnya. Hal ini perlu dipastikan dokter dengan pemeriksaan penunjang yang sesuai.

Secara umum, antibiotik oftalmik dapat dipertimbangkan untuk terapi konjungtivitis bakterial akut, mengingat rerata masa penyembuhannya relatif sama. Sedangkan konjungtivitis alergi ringan dapat diobati dengan obat golongan vasokonstriktor atau antihistamin (yang dijual bebas di apotek atau toko obat), atau yang lebih efektif adalah antagonis reseptor H1 histamin topikal generasi kedua.

Saran saya, alangkah lebih baik dan bijaksana bila Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis mata terdekat, untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Terimakasih.

Salam sehat dan sukses selalu.

dr Dito Anurogo, penulis 19 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit