detikhealth

Pingsan Akibat Cedera Saat Olahraga, Begini Cara Menolongnya

Erika Kurnia - detikHealth
Senin, 16/10/2017 16:38 WIB
Pingsan Akibat Cedera Saat Olahraga, Begini Cara MenolongnyaPertolongan pertama perlu diberikan untuk korban cedera yang pingsan. Foto: Rahbani Syahputra/Antara Foto
Jakarta, Kematian kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, menjadi pelajaran penting bagi masyarakat tentang penatalaksanaan pertolongna pertama pada korban cedera dalam oalhraga. Salah satu yang penting disoroti adalah bagaimana cara menolong korban cedera yang tak sadarkan diri.

Kepada detikHealth, Senin (16/10/2017), fisioterapis yang bekerja untuk klub sepakbola PSS Sleman Sigit Pramudya menjelaskan bahwa pertolongan pertama untuk korban cedera yang tak sadar adalah membuka jalan napas.

"Dalam keadaan tidak sadar, hal pertama yang harus dilakukan tentu membuka jalan napas. Sambil menunggu tabung oksigen datang, (korban cedera seperti almarhum Choirul Huda) bisa langsung dipakaikan cervical collar dan alat tandu yang lebih stabil," jelasnya kepada detikHealth.

Baca juga: Cara Tepat Tangani Cedera, Pelajaran dari Meninggalnya Choirul Huda

Sebelumnya, profesional medis yang pernah bekerja untuk Persib Bandung ini juga mengeritik ketersediaan cervical collar dan teknik pemindahan korban yang alami cedera di kepala, dada, dan leher ke atas tandu.

"Harusnya diangkat secara bersamaan, baik kaki, panggul, bahu, kepala, dengan hati-hati," lanjutnya.

Seperti diketahui, kiper Persela Lamongan berusia 38 tahun tersebut mengalami cedera akibat tabrakan dengan rekan setimnya pada menit ke 45 pertandingan melawan Semen Padang. Sempat kolaps setelah kejadian tersebut, korban diangkut oleh sejumlah tim medis dengan tergesa-gesa dan segera dibawa ke mobil ambulans.

Baca juga: Cedera Seperti Choirul Huda, Bagaimana Cara Mengangkat yang Benar?(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit