detikhealth

Ivan Gunawan Sering Cek Payudara Untuk Deteksi Dini Kanker

Aisyah Kamalia - detikHealth
Jumat, 20/10/2017 09:06 WIB
Ivan Gunawan Sering Cek Payudara Untuk Deteksi Dini KankerMeski jumlahnya lebih sedikit, kanker payudara juga bisa terjadi pada pria. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta, Mungkin, gampang paranoid adalah salah satu hal yang Ivan Gunawan, desainer dan pembawa acara TV ternama, patut syukuri. Karena hal tersebut, ia mengaku jadi lebih sadar tentang kesehatan diri sendiri.

"Aku tuh orangnya suka sugestian ya, jadi kalo orang misalnya gini, kakakku kena cancer aku langsung parno, kayak temenku meninggal aku jadi ngerasa kayak kena sakit itu juga. Tapi sebenernya itu cuma sugesti yang kita buat kan," kata Ivan Gunawan kepada detikHealth di studio Trans TV baru-baru ini.

Namun ia mengaku belum pernah sampai memeriksakan diri secara khusus ke dokter soal masalah kanker karena merasa ia tidak pernah merasakan gejala yang mengarah pada masalah kesehatan tersebut.

Baca juga: Bulan Kanker Payudara di Mata Duo Serigala

Akan tetapi, sadar bahwa kanker payudara juga dapat menyerang kaum pria, lelaki yang sudah banyak membintangi beberapa judul film ini tetap sering melakukan periksa payudara sendiri.

"Kadang aku suka gini (meraba dada) suka ngecek-ngecek juga, tapi Insya Allah ga ada apa-apa juga lah," pungkasnya seraya tersenyum.

Baca juga: Kanker Payudara Serang Pria di Irlandia Utara(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit