detikhealth

Cara-cara Baru untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Tertarik Melakukannya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 31/10/2017 11:05 WIB
Cara-cara Baru untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Tertarik Melakukannya?Cara-cara baru untuk tingkatkan kekebalan tubuh, salah satunya menjelajahi hutan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Memasuki musim hujan, kadang tubuh rentan terserang penyakit. Berbagai cara sudah dilakukan termasuk tidur teratur, makan makanan sehat serta berolahraga.

Namun jika cara tersebut dinilai kurang mumpuni dan ketinggalan zaman. Anda bisa lakukan cara baru berikut ini untuk memperkuat pertahanan tubuh Anda seperti dikutip dari Prevention. Seperti apa?

Baca juga: Waduh, Sistem Kekebalan Tubuh yang Terlalu 'Aktif' Bisa Picu Depresi Lho

1. Menjelajahi hutan

Para ilmuwan di Jepang telah mulai meresepkan 'terapi hutan' sebagai cara untuk bersantai dan meningkatkan kesehatan tubuh. Itu berdasarkan sebuah studi bahwa pria yang menghabiskan enam jam hiking di hutan selama dua hari memiliki tingkat 'sel pembunuh alami', yang memperkuat kekebalan dan membantu melawan kanker. Selain itu, berada di alam juga bisa menjadi cara alami untuk meredakan stres, relaksasi dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jika memang bentrok dengan jadwal dan tak bisa pergi ke hutan, Anda cukup cari taman ataupun halaman.

2. Menabuh drum

Meski tak pasti berapa lama efeknya bertahan, namun periset dari pusat kesehatan di Pennsylvania dan sebuah sekolah kedokteran di California menemukan bahwa menabuh drum memiliki tingkat penguat sistem kekebalan yang lebih tinggi ketimbang mereka yang hanya mendengarkannya. Ini mungkin membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan para drumer, tapi peneliti mengatakan menabuh beberapa benda dapur seperti panci dan wajan juga punya efek yang sama.

3. Manjakan diri bersama pasangan

Untuk meningkatkan produksi imunoglobulin A (antibodi yang melawan virus dan bakteri), ajak pasangan Anda untuk melakukan hubungan seks setidaknya dua kali dalam seminggu. Bisa juga berpelukan di sofa atau sekedar menonton film lucu.

4. Minum kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Minuman ini mengandung lima kali probiotik melawan penyakit yang juga ditemukan dalam yogurt. Tak masalah jika Anda lebih suka dengan yoghurt, ini juga termasuk sumber yodium yang membantu kelenjar tiroid mengatur sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: Sakit Akibat Serangan Sistem Imun Tubuh Sendiri(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit