detikhealth

Manfaat Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 07/11/2017 17:45 WIB
Manfaat Bulan Madu Bagi Pasangan yang Baru MenikahKahiyang dan Bobby berencana berbulan madu hanya di Indonesia, meski begitu bulan madu tentu bermanfaat/Foto: Dok. All Season Photos
Jakarta, Putri Presiden Joko Widodo Kahiyang Ayu akan melangsungkan pernikahannya pada 8 November 2017 dengan Bobby Nasution di Solo. Tak banyak yang tahu kisah cinta mereka dari berpacaran hingga berlanjut ke pernikahan. Bahkan soal kemana bulan madu pun mereka rahasiakan.

Lewat video yang diunggah di YouTube pada 18 September 2017, Kaesang Pangarep memberi sang kakak sebuah pertanyaan soal kemana mereka berbulan madu. Spontan Bobby menjawab di rumah. Namun lantas Kahiyang tak terima jika bulan madu hanya di rumah.

"Enak saja," ucapnya, dalam video tersebut.

Bobby kemudian mengalah dan menyerahkan keputusan lokasi bulan madu kepada Kahiyang.

"Di mana ya? Yang pasti di Indonesia," ucap wanita kelahiran tahun 1991 ini.

Kaesang kemudian mendesak Kahiyang untuk menjawab detail lokasi bulan madu mereka setelah menikah.

"Rahasia, aku melu kabeh," tegas Kahiyang.

Terkait hal itu, pasangan yang baru menikah memang cenderung dengan bulan madu. Namun, menurut psikolog, perlukah bulan madu setelah melangsungkan pernikahan atau pasangan yang baru saja menikah?

Baca juga: 5 Tips Bercinta Saat Bulan Madu Bagi Pasangan Baru

"Honeymoon sebetulnya merujuk pada 1 bulan 'manis' pertama sejak menikah. Tujuan dari honeymoon sesungguhnya ajang relaksasi diri pasangan setelah lelah dan stres mempersiapkan pernikahan," jawab psikolog klinis dewasa, Christina Tedja, M.Psi, Psikolog, atau yang akrab disapa Tina saat dihubungi detikHealth.

Di budaya barat, imbuh Tina, bagi pasangan yang terlebih dahulu tinggal bersama atau bahkan telah memilik anak terlebih dahulu, honeymoon mungkin hanya sebagai pembuang stres. Namun bagi budaya timur tidak hanya itu, tetapi juga sebagai proses pembuka yang positif untuk menambah keharmonisan dan mengenal satu sama lain.

Bulan madu memang perlu dilakukan oleh pasangan, namun Tina menegaskan bahwa bulan madu tak harus selalu ke luar negeri, bisa disesuaikan dengan budget maupun hobi masing-masing.

"Benefit dari honeymoon sendiri lebih kepada proses yang dilalui berdua untuk saling mengenal sesama dan kebiasaan bersama yang baru," ucap Tina.

Baca juga: Ampuhkah 'Bulan Madu ke-2' Kembali Kobarkan Hubungan Seks yang Membosankan?(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit