detikhealth

Waspada! Ini 3 Gejala Stres yang Tersembunyi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 09:07 WIB
Waspada! Ini 3 Gejala Stres yang TersembunyiStres bisa tidak menunjukkan gejala umum seperti sakit kepala atau mood yang memburuk. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol. Pelepasan hormon ini akan mendapat respons dari organ-organ lainnya. Tubuh pun akan mengeluarkan sinyal yang menandakan sedang stres, namun bisa saja sinyal tersebut tidak disadari.

Meski begitu dengan sedikit kejelian, tanda-tanda stres yang tersembunyi sejatinya bisa Anda kenali. Apa saja? Dikutip dari Prevention, simak penjelasannya berikut ini:

Baca juga: Mudah Lupa dan Hilang Fokus? Waspada Gejala Brain Fog

1. Jerawat dan gatal

Salah satu dampak banyaknya hormon kortisol pada tubuh adalah terjadinya peradangan. Nah, peradangan bisa terjadi di mana saja, termasuk kulit wajah yang bisa menimbulkan banyaknya jerawat di wajah.

Tak hanya itu, peradangan di kulit akibat stres juga bisa menyebabkan terjadinya gatal-gatal karena penyakit kulit seperti dermatitis, eksim hingga psoriasis.

2. Mimpi aneh

Mimpi terjadi setiap kita tidur, dan seharusnya makin positif mendekati waktu pagi hari. Namun pada orang yang sedang stres, perubahan hormon memengaruhi otak sehingga tidur menjadi tidak nyenyak dan sering terbangun tengah malam.

Akibatnya, tidur pun menjadi tidak tuntas dan proses bermimpi menjadi terganggu. Tak heran, orang yang sedang stres biasanya sering mengalami mimpi yang aneh dan tak masuk akal.

3. Mulut dan gusi

Saat stres, seseorang bisa menggemeretakkan mulutnya menjadi parah, yang rentan membuat mulut terasa pegal di pagi hari.

Tak hanya itu, tingginya kortisol yang ada pada tubuh bisa membuat gusi dan mulut mengalami peradangan dan berdarah.

Baca juga: Musik Hip-hop Bantu Mantan Tentara Melawan Stres Akibat Trauma(mrs/wdw)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit