detikhealth

Konsultasi Umum

Konsumsi Omega 6 Dipercaya Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 10:11 WIB
Konsumsi Omega 6 Dipercaya Bisa Turunkan Risiko DiabetesKonsumsi omega 6 bisa kurangi risiko terkena diabetes. Foto: iStock
Jakarta, Diabetes adalah penyakit yang tidak pandang usia, bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 1 dari 5 penyandang diabetes masih berumur kurang dari 40 tahun.

Jumlah terbanyak pasien diabetes pada usia 40-59 tahun, yaitu berjumlah 4.651.000 orang. Jumlah yang sangat tinggi ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari keturunan hingga pola makan yang tidak sehat.

Salah satu nutrisi yang bisa menurunkan risiko terkena diabetes adalah omega 6 atau disebut asam linoleat. Sama halnya dengan omega 3, omega 6 merupakan asam lemak esensial yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari healtline, sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet Diabetes & Endocrinology menunjukkan bahwa omega 6 yang bisa ditemukan dalam lemak nabati dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

"Temuan kami menunjukkan bahwa perubahan sederhana dalam diet dapat melindungi orang dari diabetes tipe 2, yang telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan di seluruh dunia," ujar penulis utama penelitian tersebut dari Food Policy group at The George Institute for Global Health di Australia, Jason Wu, PhD.

Baca juga: Kenali Cara Pencegahan Diabetes Berikut Ini

Penelitian tersebut melibatkan hampir 40 ribu orang dewasa dari 10 negara berbeda. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diberi asam linoleat dan lainnya diberi asam arakidonat, keduanya adalah omega 6.

Hasilnya, orang-orang yang diberikan asam linoleat berkurang risiko terkena diabetes sebanyak 35 persen.

"Orang-orang yang terlibat dalam penelitian umumnya sehat dan tidak diberi panduan khusus tentang apa yang harus dimakan. Namun, mereka yang memiliki kadar tertinggi kadar omega 6 dalam darah memiliki peluang lebih rendah terkena diabetes tipe 2," jelas profesor dari Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University di Massachusetts, dr Dariush Mozaffarian.

Omega 6 yang disarankan untuk dikonsumsi tidak begitu banyak, cukup 5-10 persen dari total asupan kalori per hari. Sumber omega 6 bisa didapatkan dari ikan salmon dan tuna, telur, biji rami, biji chia, dan lainnya.

Baca juga: Mengalami Tanda-tanda Ini? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Diabetes



(wdw/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit