detikhealth

Studi: Puasa Sesekali Ternyata Bikin Awet Muda

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 11:38 WIB
Studi: Puasa Sesekali Ternyata Bikin Awet MudaPuasa sesekali ternyata bisa bikin awet muda. Foto: Istimewa
Jakarta, Puasa yang dilakukan sesekali ternyata bukan hanya cocok untuk mereka yang ingin menjadi lebih sehat. Studi baru oleh peneliti di Universitas Harvard menemukan rutinitas ini bikin awet muda juga.

Peneliti di Harvard ini menemukan bahwa puasa sesekali bisa membuat tubuh 'awet muda' pada tingkat sel, khususnya di mitokondria. Bagian tersebut akan tercegah dari homeostasis yang berkaitan dengan penuaan kesehatan. Puasa pada gilirannya membantu memperbaiki penuaan.

Diet puasa di Barat mulai menjadi tren akhir-akhir ini karena selebriti seperti Benedict Cumberbatch dan Beyonce. Mereka mempraktekkan diet puasa 5:2, yang dilakukan dengan makan normal selama lima hari dalam seminggu dan hanya dua di minggu berikutnya.

Baca juga: Pakar Buktikan Manfaat Diet yang Mirip Puasa Senin-Kamis

Selebriti Hollywood yang mempraktekkan diet puasa 5:2Selebriti Hollywood yang mempraktekkan diet puasa 5:2 Foto: Instagram

Perlu diketahui, mitokondria adalah organel sel yang berfungsi memecah karbohidrat dan asam lemak, memberi energi pada sel. Untuk alasan ini, mereka sering disebut sebagai sumber energi sel kita. Para periset Universitas Newcastle menemukan bahwa tanpa mitokondria yang menua, sel akan tampak lebih muda.

Tahun lalu, penelitian Newcastle University mengonfirmasi peran penting mitokondria dalam penuaan sel manusia. Baru kemudian, peneliti Harvard menemukan bahwa mitokondria yang tetap berada di homeostasis lebih baik saat organisme memiliki diet terbatas, seperti saat berpuasa sesekali atau disebut puasa intermiten.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (8/11/2017), penemuan ini bisa menjadi kunci untuk menemukan terapi memperpanjang harapan hidup dan menjaga tubuh awet muda.

Beberapa penelitian tentang puasa lainnya juga telah menunjukkan bahwa puasa berselang tidak memberikan manfaat untuk mengurangi kebiasaan makan. Namun, penelitian pada hewan menunjukkan hal itu terkait dengan proses penuaan yang jadi lebih melambat.

Baca juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh
(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close