detikhealth

Makanan dan Minuman yang Harus Dipantang oleh Si Penderita Mag

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 13/11/2017 13:35 WIB
Makanan dan Minuman yang Harus Dipantang oleh Si Penderita MagMakanan berlemak dan minuman berkafein yang harus dihindari oleh penderita mag/Foto: thinkstock
Jakarta, Mag dapat kambuh tiba-tiba dan bisa memburuk dari waktu ke waktu jika tidak diatasi dengan baik. Oleh karena itu, ada kalanya seseorang yang mempunyai riwayat sakit mag harus mengikuti pantangan, alias menghindari atau memilah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Dokter umum dari RS Permata Depok, dr Kevin William Hutomo atau yang akrab disapa dr Kevin menerangkan bahwa makanan dan minuman yang utama yang harus dihindari adalah makanan dan minuman yang terasa asam. Sebab makanan atau minuman asam tersebut tentu bisa meningkatkan asam lambung.

"Seperti lemon, jeruk, dan minuman berkarbonasi atau soda dapat segera menyebabkan rasa tidak nyaman dalam lambung," kata ayah dari dua anak itu kepada detikHealth.

"Produk yang mengandung laktosa, karena laktosa dapat menyebabkan perut kembung dan menghasilkan gas," imbuhnya lagi.

Kemudian, lanjut dr Kevin, hindari makan makanan pedas karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu jauhkan pula lambung dari makanan yang digoreng ataupun berlemak.

Baca juga: Hindari Makanan Pedas Kalau Punya Sakit Mag, Ini Alasannya

"Dikarenakan proses pemecahan lemak di daerah usus halus akan menyebabkan waktu pengosongan lambung menjadi lebih lama, dapat membuat perut merasa kembung," tutur dr Kevin.

Menurut dr Kevin minuman beralkohol juga wajib dihindari karena senyawa yang terkandung dalam alkohol tersebut berbahaya bagi lapisan lambung. Minuman ini juga ditengarai dapat menyebabkan gangguan liver dan pencernaan lainnya.

Selain minuman yang mengandung alkohol, minuman yang mengandung kafein dikatakan dr Kevin juga tidak ramah dengan lambung. Karena itu, juga harus dihindari.

"Minuman berkafein, seperti kopi, teh, dapat merangsang saluran pencernaan, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan," pungkas dr Kevin.

Baca juga: Agar Sakit Mag Tak Semakin Parah, Hindari Hal-hal ini(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit