detikhealth

Secangkir Kopi Bantu Turunkan Risiko Penyakit Jantung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 14/11/2017 07:35 WIB
Secangkir Kopi Bantu Turunkan Risiko Penyakit JantungFoto: thinkstock
Jakarta, Kebiasaan minum kopi terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidak perlu banyak-banyak, cukup secangkir tiap pekan sudah mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian yang dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah American Heart Association di California tersebut mengungkap bahwa secangkir kopi tiap pekan bisa menurunkan risiko stroke sebesar 7 persen.

Dibandingkan partisipan yang tidak minum kopi, para peminum kopi juga memiliki risiko 8 persen lebih rendah untuk mengalami gagal jantung.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan sebenarnya tidak mengungkap kaitan langsung antara kebiasaan minum kopi dengan risiko penyakit jantung. Mereka menggunakan teknik tertentu untuk mengidentifikasi pola dalam sebuah dataset yang besar.

Baca juga: Selamat! Studi Mengatakan 'Kecanduan' Kopi Memperpanjang Umur Lho

Terungkap dalam penelitian itu, ada banyak faktor yang berpengaruh pada risiko penyakit kardiovaskular. Termasuk di antaranya tekanan darah, umur, dan kadar kolesterol. Konsumsi kopi, termati sebagai prediktor signifikan pada risiko stroke dan gagal jantung.

Dikutip dari Livescience, Selasa (14/11/2017), data penelitian ini berasal dari 2.750 orang yang berpartisipasi dalam Framingham Heart Study. Mereka diamati selama 34 tahun, dan dipantau kesehatan kardiovaskularnya.

Baca juga: Efek Kopi pada Ginjal yang Perlu Kamu Tahu

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit