detikhealth

Komentar Dokter Soal Perban di Kepala Setya Novanto

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Jumat, 17/11/2017 14:00 WIB
Komentar Dokter Soal Perban di Kepala Setya NovantoBeredar Foto Novanto Diperban Pasca Kecelakaan, Ini Penampakannya (Foto: Istimewa)
Jakarta, Di twitter, dr Teuku Adifitrian, SpBP alias dr Tompi berkomentar soal kepala yang diperban. Meski secara langsung tidak menyebut nama Setya Novanto, cuitan tersebut ramai dikaitkan dengan kondisi sang tersangka korupsi E-KTP yang kabarnya mengalami gegar otak.

"Kl kepal kebentur, memar namun gak ada luka luar , trus diperban.... artinya dokternya perlu sekolah lagi. Dan dah pasti masuk neraka soalnya ikut2an ngibulL," tulis dr Tompi di akun twitter @dr_tompi.

Soal perban di kepala, dr Jetty Hasan Sedyawan, SpJP (K), FIHA, FAsCC dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) sependapat dengan komentar dr Tompi. Namun begitu, ia enggan menilai tindakan medis yang diberikan para koleganya kepada Setya Novanto.

Baca juga: Setya Novanto Diperban, Komentar dr Tompi Ini Banjir Tanggapan

"Apa yang dikatakan dr Tompi benar, tapi faktanya hanya dokter yang memeriksa yang tahu kebenarannya," katanya, ditemui di Kota Bambu Utara, Jakarta Barat, Jumat (17/11/2017).

Seorang dokter, menurut dr Jetty terikat sumpah sehingga wajib menolong pasien tanpa dipengaruhi kepentingan apapun.

"Kita harus objektif tidak boleh emosional, dokter tidak boleh terlibat politik dalam mengobati seseorang, baik itu agama, harus di tolong sebenar-benarnya menurut aturan, jadi pendidikan kita sebagai dokter seperti sumpah kita sebagi dokter," katanya.

Baca juga: Pura-pura Sakit? Beda Tujuan, Beda Pula Istilahnya

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close