detikhealth

Waspada! Duduk Seharian Sama Bahayanya dengan Asap Rokok

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 17/11/2017 20:01 WIB
Waspada! Duduk Seharian Sama Bahayanya dengan Asap RokokBahaya kelamaan duduk sama besarnya dengan paparan asap rokok. (Foto: thinsktock)
Jakarta, Semua karyawan yang cenderung bekerja dengan duduk seharian penuh di depan komputer harus mewaspadai hal ini. Pasalnya, duduk seharian sama bahayanya dengan orang yang merokok.

Dilansir dari New York Post, penelitian yang dilakukan tahun 2015 menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja duduk sepanjang hari harus berdiri dan bergerak setidaknya dua jam sekali.

Penelitian lain yang dipublikasikan di British Journal of General Practice menyebutkan bahwa terlalu lama duduk berkaitan dengan peningkatan risiko tekanan darah tingi, kadar gula darah tinggi, kelebihan lemak, bahkan masalah kardiovaskular dan kanker.

Hal ini sejalan dengan bahaya dari asap rokok, mulai dari penyakit jantung, stroke, hipertensi, bahkan kematian lebih cepat. Efek keduanya pun sangat berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Seharian Duduk di Kantor? Begini Cara Menangkal Dampak Buruknya

Sementara itu, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang mengatakan bahwa terlalu lama duduk juga dapat menyebabkan memicu masalah tulang belakang atau punggung.

"Saat kita dalam posisi duduk, beban setengah tubuh kita akan membebani pinggang, termasuk tulang belakang bagian bawah. Apalagi kalau keasyikan duduk di sofa, sambil nonton di depan TV misalnya, itu kurang bagus untuk tulang punggung kita karena sofa tidak ergonomis," katanya.

Baca juga: Waspada! Kelamaan Duduk di Sofa Bisa Picu Sakit Punggung(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit