detikhealth

Artikel 18+

Ngeri! Wanita Ini Buta Sesaat ketika Orgasme

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 18/11/2017 09:48 WIB
Ngeri! Wanita Ini Buta Sesaat ketika OrgasmeSeorang wanita di Inggris mengalami kebutaan sesaat ketika orgasme. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Lonjakan hormon yang begitu ekstrem saat orgasme bisa membuat seseorang serasa melayang. Tetapi pada beberapa orang, bisa juga memicu kebutaan sesaat.

Ini dialami seorang perempuan di Southampton, Inggris, dalam sebuah laporan kasus di British Medical Journal. Perempuan 29 tahun ini datang ke rumah sakit dengan gangguan penglihatan pada mata kiri.

Kepada dokter, ia mengaku melakukan hubungan seks yang 'brutal' pada malam sebelumnya. Namun ia tidak merasakan ada masalah hingga keesokan paginya.

Baca juga: Kisah Pengidap Narkolepsi, Selalu Tertidur Saat Orgasme

Hasil pemeriksaan menunjukkan ada perdarahan atau hemoragi pada mata kiri. Diyakini, perdarahan ini terjadi akibat tekanan yang tinggi saat orgasme.

"Saat orgasme, valsava manouvre (tahan napas untuk mencegah orgasme) bisa menciptakan peningkatan mendadak pada tekanan pembuluh darah retina, dan menghasilkan pecahnya pembuluh darah dan perdarahan retinopati," demikian penggalan laporan tersebut, dikutip dari The Sun.

Laporan tersebut juga menyebut bahwa laki-laki lebih mungkin menahan napas untuk menunda ejakulasi, sehingga lebih rentan mengalami kondisi seperti ini. Kabar baiknya, buta sesaat seperti ini hanya sementara dan bisa pulih dengan sendirinya.

Baca juga: Ini Sebabnya Kebanyakan Pria Tertidur Setelah Bercinta(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close