detikhealth

3 Gerakan Simpel untuk Mendapatkan Otot Sekencang Shafa Aliya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 23/11/2017 08:17 WIB
3 Gerakan Simpel untuk Mendapatkan Otot Sekencang Shafa AliyaPraktik olahraga Shafa Aliya patut ditiru. (Foto: Instagram @shafaharris)
Jakarta, Setelah kejadian heboh melabrak Jennifer Dunn di muka umum, Shafa Aliya menjadi bahan omongan netizen. Namun yang tak kalah heboh adalah bentuk tubuh Shafa yang dijuluki sebagai body goals.

Terlihat dalam akun instagramnya @shafaharris, terutama bagian lengan dan bokongnya terlihat kencang. Tubuhnya seperti itu dijelaskannya adalah hasil dari olahraga.

Ditemui detikHealth di salah satu mal di bilangan Jakarta Selatan, instruktur dari komunitas olahraga Workout Embassy, Suprianto berbagi tutorial gerakan-gerakan simple yang bisa dilakukan di rumah. Jika dilakukan secara rutin dan benar, kamu bisa dapatkan tubuh fit dan kencang seperti Shafa.

1. Push up

Gerakan push up itu tidak boleh dilakukan dengan asal. Menurut Suprianto, gerakan push up difokuskan pada bagian dada dan bahu dengan menyejajarkan tangan dengan dada.

"Jadi fokusin tangan sejajar dengan dada kita, badan sejajar tegak lurus jangan perutnya turun. Terus pantatnya juga nggak boleh naik. gerakannya naik turun dengan posisi siku agak rapat ke badan, jangan lebar-lebar karena itu sangat tidak bermanfaat bagi kita," ujarnya.

Banyak orang yang salah melakukan gerakan ini, sehingga tubuh tidak terbentuk maksimal dan mendapatkan lelahnya saja.

Baca juga: Berbagai Variasi Squats, Rahasia Body Goals ala Shafa Aliya

Perhatikan gerakan push up yang  tepat.Perhatikan gerakan push up yang tepat. (Foto: thinkstock)


2. Squat

Squats adalah gerakan yang paling efektif untuk mengencangkan otot gluteus di sekitaran paha dan bokong. Suprianto mengatakan bahwa gerakan squat sebenarnya adalah gerakan yang simple, namun jika dilakukan secara asal bisa berdampak tidak baik bagi tubuh.

"Posisi kaki dibuka selebar bahu kita, seperti orang mau duduk. Diusahakan badan tegap dada dibusungkan, terus lutut nggak boleh melebihi ujung jari kaki, terus bentuk sudut 90 derajat. Ini manfaatnya untuk membentuk otot sepanjang paha dan pantat kita," jelasnya.

Ada banyak variasi posisi squat.Ada banyak variasi posisi squat. (Foto: Azmy Cahya Ramadhaniar)


3. Leg lift

Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot perut dengan menggerakkan kaki naik dan turun dengan repetisi sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

"Jadi gerakannya adalah posisi berbaring telentang, rapatkan kakinya terus diangkat pelan-pelan kira-kira membentuk sudut 90 derajat. Kalau kalian otot tulang belakangnya atau tulang pantatnya takut sakit, bisa tangannya jadi bantalan biar nggak sakit atau cedera," ungkap Suprianto.

Untuk lebih memahami gerakannya, bisa dilihat pada video tutorial berikut:


Baca juga: Kesalahan Saat Squats yang Bikin Bokong Idaman Susah Didapatkan(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close