detikhealth

Waspada! Banjir Karena Siklon Cempaka Bisa Cemari Sumber Air Bersih

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 29/11/2017 15:36 WIB
Waspada! Banjir Karena Siklon Cempaka Bisa Cemari Sumber Air BersihSiklon cempaka mengakibatkan sumber air bersih terancam. Foto: Rama Perdana
Jakarta, Siklon Tropis Cempaka diprediksi masih akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Pakar mengatakan dampak dari siklon cempaka ini adalah cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan, dr Achmad Yurianto, mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. Dari sisi kesehatan, yang wajib diperhatikan adalah risisko tercemarnya sumber air bersih milik masyarakat.

Baca juga: Tetap Fit Saat Cuaca Ekstrem dengan 4 Langkah Ini

"Banjir itu yang pertama, dampaknya adalah merusak kesehatan lingkungan, akses air bersih, terutama pada daerah pemukiman yang mengandalkan sumur terbuka," tutur dr Achmad saat dihubungi detikHealth.

Banjir membuat air dari sungai, kali hingga saluran got meluap dan berisiko masuk ke sumur sumber air bersih masyarakat. Hal ini membuat kualitas air jelek, dan masyarakat berisiko terinfeksi berbagai macam penyakit.

Baca juga: BNPB: 19 Orang Meninggal Akibat Cuaca Ekstrem Siklon Cempaka

Diare adalah penyakit yang lazim muncul saat terjadi banjir. Selain diare, penyakit kulit seperti gatal-gatal dan iritasi juga berpotensi menyerang masyarakat yang kebanjiran.

"Karena banjir kualitas air jadi jelek, sumurnya tercemar oleh sampah. Jika tidak dimasak dengan benar airnya, yang terancam saluran pencernaan, karena diare, juga berpotensi memunculkan penyakit kulit," ungkapnya lagi.

Risiko diare tidak hanya muncul karena sumur tercemar. Banjir juga bisa menyebabkan rusaknya akses menuju toilet dan memicu perilaku buang air sembarangan.

"Akses ke MCK-nya, terutama kakus. Bisa juga septicnya ikut meluap," tutupnya.

Baca juga: Cuaca Dingin Juga Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan


(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit