detikhealth

Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 29/11/2017 18:07 WIB
Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?Mengepel lantai menjadi salah satu kegiatan yang bisa membakar banyak kalori tanpa perlu ke gym. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Jika Anda tak sempat pergi ke pusat kebugaran. Masih ada cara lain untuk tetap bisa membakar timbunan kalori dalam tubuh. Ya, jawabannya adalah pekerjaan rumah tangga. Dikutip shape.com.sg, perhitungan kalori berasal dari Calorielab menyebut mengepel lantai adalah latihan yang cukup bagus untuk membakar kalori dan membentuk lengan pada wanita dengan berat badan 55 kg.

Sementara itu, pekerjaan rumah tangga lainnya yang lebih banyak lagi membakar kalori adalah mendekor rumah seperti merapikan sofa. Belum lagi berjalan ke sana ke mari untuk memotong rumput dan memangkas semak-semak. Maka itu, yuk mulai beres-beres rumah!

Baca juga: Bakar 500 Kalori Dalam Satu Jam dengan Latihan Pound Fit

1. Mengepel lantai

Mengepel lantai setelah 15 menit akan membakar 34 kalori. Sekarang bayangkan, jika mengepel rumah bertingkat dua yang menghabiskan waktu kurang lebih satu jam mengepel lantai, Anda akan membakar 138 kalori.

2. Mencuci piring

Mencuci piring kotor bisa membakar 18 kalori per 15 menit. Bolak-balik menaruh piring dan gelas bersih kembali ke tempatnya selama satu jam bisa membakar 72 kalori.

3. Vakum

Tergantung luas ruangan yang dibersihkan, namun 15 menit menyedot debu akan membakar 34 kalori. Jika 60 menit menyedot debu bisa membakar 138 kalori.

4. Mencuci baju

15 menit mencuci baju akan membakar 14 kalori. Apalagi jika cucian yang dicuci menumpuk selama berminggu-minggu dan membutuhkan satu jam untuk menyelesaikannya itu akan membakar 55 kalori.
Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?Foto: Thinkstock

5. Menyetrika

Menyetrika baju setelah 15 menit akan membakar 18 kalori. Ditambah dengan melipat dan menaruhnya kembali ke dalam lemari pakaian setidaknya bisa membakar 72 kalori.

6. Dekorasi rumah

Menata ulang kamar tidur atau ruang tamu bisa membakar 28 kalori per 15 menit. Memindahkan barang-barang atau perabot rumah bisa menghilangkan 110 kalori dalam satu jam, bahkan bisa lebih jika bolak-balik memindahkannya dari atas ke bawah.

7. Berkebun

Menyiram tanaman, memotong rumput, memangkas semak-semak bisa menghabiskan 41 kalori dalam 15 menit. Jika dilakukan selama satu jam bisa membantu membakar kalori lebih banyak lagi, yaitu 165 kalori.
Berapa Banyak Kalori yang Anda Bakar Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga?Foto: thinkstock

8. Memandikan hewan

Setelah 15 menit memandikan anjing atau hewan peliharaan lainnya akan membakar 34 kalori. Nah setelah satu jam memandikan anjing atau hewan peliharaan lainnya akan membakar 138 kalori.

9. Menggosok lantai kamar mandi

Membersihkan kamar mandi bisa membakar 39 kalori per 15 menit. Jika dilakukan selama 60 menit akan membakar 154 kalori.

Baca juga: Bercinta Setengah Jam Bakar Kalori Serupa Latihan di Treadmill(hrn/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Database Dokter Obat Penyakit