detikhealth

Takjub! Penyandang Disabilitas Ini Ciptakan Kursi Roda Canggih

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Senin, 04/12/2017 09:39 WIB
Takjub! Penyandang Disabilitas Ini Ciptakan Kursi Roda CanggihAlexei Nalogin, penyandang disabilitas yang tak berhenti berkarya (Foto: BBC)
Jakarta, Kehilangan kemampuan bergerak akibat gagalnya operasi yang ia jalani, tidak membuat Alexei Nalogin menyerah. Justru ia bangkit dan menciptakan kursi roda canggih.

Alexei menciptakan sebuah kursi roda karbon yang kuat dan inovatif untuk membantu orang-orang dengan keterbatasan fisik seperti dirinya.

Baca juga: Keren! Alat Ini Bantu Dokter Menemukan Pembuluh Darah Saat Menyuntik

Dikutip dari BBC, karbon digunakan untuk membuat sepeda olahraga karena material ini lebih kuat dan ringan dibanding baja. Ada pula kursi roda yang terbuat dari material karbon yang bobotnya lebih ringan dari kursi roda standar, bahkan seorang dengan keterbatasan fisik pun bisa mengeluarkan dan memasukkan sendiri perangkat ini ke mobil tanpa bantuan.

Sayangnya, harga kursi roda ini tergolong mahal, berkisar antara 4.000 hingga 12 ribu dolar AS per buah (sekitar 158 juta rupiah).

Namun, penemu Rusia Alexei Nalogin berhasil menciptakan model kursi roda karbon yang harganya tak sampai 2.000 dolar (sekitar 26 juta rupiah) dan hanya berbobot 5,4 kilogram.

"Awalnya saya membuat satu buah untuk diri saya sendiri," kata Alexei.

"Objek ini bukan untuk kegiatan ekstrem. Anda tak bisa memacunya dengan cepat di jalanan off-road. Kursi roda ini cocoknya untuk kegiatan-kegiatan formal, seperti mengunjungi teater, bioskop, atau makan di restoran. Modelnya juga sesuai dengan pengguna yang berpakaian rapi, misalnya jas formal," tambahnya.

Alexei mendesain kursi roda ini sendiri, dengan pilihan warna biru, hitam-biru, dan hitam-merah. Bagian belakang kursi roda dilapisi kasmir. Ia sengaja tidak menggunakan dekorasi dari plastik.

"Saya tak ingin sesuatu yang sederhana. Saya ingin sesuatu yang mewah, tapi terjangkau," pungkasnya.

Alexei telah menciptakan lebih dari 50 pengembangan. Ia mendirikan perusahaan Dospekhi (teknologi rehabilitasi baru). Selama beberapa tahun terakhir ia tinggal di Thailand dan mengerjakan penemuan-penemuannya di sana.

Baca juga: Foto : Ekstrem! Aksi Pria Jumpalitan di Atas Kursi Roda

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close