detikhealth

Ingin Coba Invisible Box Challenge? Ini Saran Pakar Kebugaran

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 06/12/2017 16:05 WIB
Ingin Coba Invisible Box Challenge? Ini Saran Pakar KebugaranSaran pakar kebugaran bagi yang ingin melakukan invisible box challenge adalah menguatkan otot-otot bagian kaki. Foto: Twitter/teedoe
Jakarta, Banyak warganet yang ikut melakukan tantangan kebugaran paling kekinian, yaitu Invisible Box Challenge atau menginjak 'kotak tak kasat mata' yang akhir-akhir ini viral kembali berkat unggahan salah satu pemandu sorak di Texas.

Walau terlihat mudah, namun banyak yang gagal mempraktikkannya. Malah, menurut ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD, tantangan tersebut harusnya dilakukan oleh orang yang memang terbiasa dengan gerakan-gerakan olahraga.

"Ini (video) bukan orang awam, pro btw (by the way), cheerleader. Artinya sudah well-trained. Dia sudah banyak lompat-lompat (plyometric exercise) jadi kakinya kuat," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (6/12/2017).

Baca juga: Tantangan Kebugaran Paling Kekinian, Lompati 'Kotak Tak Kasat Mata'

Pendiri Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) ini menegaskan bahwa orang yang ingin mengikuti invisible box challenge ini harus memiliki otot-otot kaki yang kuat.

"Untuk menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah, mesti paham apabila ototnya dapat dibagi menjadi beberapa muscle groups. Quadriceps (paha depan), hamstring (paha belakang), gluteus (bokong), soleous (betis), sama telapak kaki," jelas Jansen.




Maka dari itu, ia mengimbau untuk melatih otot-otot tesebut sebelum melakukan tantangan ini agar terhindar dari cedera yang cukup parah.

"In general ya semuanya (dikuatkan). Latihannya bisa dispesifikam ke masing-masing otot, supaya tidak terjadi muscular imbalance," tegasnya.

Baca juga: Tantangan 10 Ribu Squats dalam Sebulan, Berani Mencoba?(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close