detikhealth

Coba Latihan Ini Dulu Kalau Mau Jajal Invisible Box Challenge

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 07:10 WIB
Coba Latihan Ini Dulu Kalau Mau Jajal Invisible Box ChallengeLatihan yang perlu dijajal sebelum lakukan invisible box challenge/Foto: Twitter/ariel1220
Jakarta, Setiap ada video viral yang menghebohkan dunia maya, warganet pasti mencoba untuk mengikutinya. Benar saja, viralnya video unggahan pemandu sorak, Ariel Olivar yang melakoni Invisible Box Challenge atau tantangan menginjak 'kotak tak kasat mata'.

Sebelumnya, ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD telah menegaskan bahwa untuk melakukan tantangan ini harus memiliki otot-otot kaki yang cukup kuat.

"Untuk menguatkan otot-otot tubuh bagian bawah, mesti paham apabila ototnya dapat dibagi menjadi beberapa muscle groups. Quadriceps (paha depan), hamstring (paha belakang), gluteus (bokong), soleous (betis), sama telapak kaki," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (6/12/2017).

Untuk menguatkan otot-otot di bagian tersebut, Jansen memberi contoh beberapa gerakan yang bisa dilakukan sebagai persiapan untuk mempraktikkan tantangan menginjak 'kotak tak kasat mata'.

"Supaya memudahkan, simplified untuk umum, bisa dimulai dengan chair squats. Ini dominan menguatkan paha depan, dan sedikit bokong serta paha belakang,"

Chair squat adalah gerakan squat dengan bantuan kursi. Gerakannya mulai dari berdiri kemudian duduk, dan begitu seterusnya.

Baca juga: Ingin Coba Invisible Box Challenge? Ini Saran Pakar Kebugaran

Sedangkan untuk melatih otot-otot bokong, Jansen menyarankan untuk melakukan gerakan glute bridges. Yaitu tubuh berbaring di lantai dan bagian bokong diangkat.

Untuk melatih otot paha belakang bisa melakukan gerakan prone knee bend dengan tidur tengkurap dan mengangkat betis ke arah bokong hingga membentuk sudut lebih dari 90 derajat secara bergantian kiri dan kanan.

Dan Jansen menyarankan untuk melakukan gerakan calf raise untuk melatih kekuatan otot betis. "Gerakannya naik turun saja, jinjit," imbuhnya.

Pendiri Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) itu menganjurkan untuk melakukan semua gerakan tersebut sebanyak 10-12 repetisi dalam 4-6 set.

"Bukan kejar banyaknya, tapi kejar kualitas gerakan yang benarnya," tegasnya.

Baca juga: Komentar Pakar Kebugaran Soal Tren Kekinian 'Invisible Box Challenge'(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close