detikhealth

Video Game Ini Didaftarkan untuk Menjadi Obat Kondisi ADHD

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 07/12/2017 16:05 WIB
Video Game Ini Didaftarkan untuk Menjadi Obat Kondisi ADHDPermainan AKL-T01 bisa jadi video game obat pertama. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Video game adalah permainan elektronik yang bisa dijalankan orang-orang di gawainya. Nah bila selama ini video game umumnya dilihat sebagai bentuk hiburan saja, di masa depan hal tersebut mungkin akan berubah karena dilaporkan ada game yang khusus dikembangkan untuk jadi obat terapi.

Perusahan bernama Akili dilaporkan tengah mengajukan gamenya ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sebagai obat kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Akili didirikan dari usaha gabungan pengusaha, ahli saraf, dan ahli software. Game buatannya bernama AKL-T01 sudah terbukti dalam uji klinis dapat memperbaiki performa konsentrasi pada 348 anak dan remaja dengan ADHD.

Baca juga: Kakek 74 Tahun Ini Kendalikan Diabetesnya dengan Main Pokemon Go

AKL-T01 didesains secara khusus sehingga menstimulasi area tertentu pada otak yang berpengaruh pada kemampuan kognitif.

Dikutip dari Reuters, bila FDA menyetujui pemakaian AKL-T01 maka ia akan menjadi produk digital pertama yang diakui sebagai obat.

CEO Akili Eddie Martucci mengatakan AKL-T01 sengaja dikembangkan untuk menjadi obat alternatif bila seorang anak tidak mau atau gagal mengikuti terapi obat umum. Obat kimia untuk ADHD memang ada namun tidak semua orang bisa sukses menjalaninya dan ada efek samping yang mungkin muncul.

Menurut Martucci AKL-T01 akan diperlakukan sama seperti obat lainnya, ada dosis tertentu yang mungkin diresepkan kepada pasien ADHD.

"Tapi kami tidak memegang janji kepada pasar bahwa ini seperti obat sebulan pasti sembuh," pungkas Martucci.

Baca juga: Gunakan Game di Smartphone, Peneliti Himpun Data Riset Pikun Terbesar Sedunia(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close