detikhealth

Mau Ikut RPM Biar Cepat Kurus Seperti Gracia Indri? Ini Saran Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Senin, 18/12/2017 11:24 WIB
Mau Ikut RPM Biar Cepat Kurus Seperti Gracia Indri? Ini Saran DokterGracia Indri sukses turunkan berat badan dengan berbagai olahraga, salah satunya RPM. Foto: Gracia Indri (Ismail/detikHOT)
Jakarta, Gracia Indri mengaku tengah melakukan diet dan juga olahraga untuk menurunkan berat badan. Alhasil, ia memangkas 20 Kg dari berat badannya dengan berbagai olahraga yang ia lakukan.

"Tips sendiri setiap badan kita berbeda. Setiap diet nggak semua badan beda. Olahraga nggak semua badan cocok. Aku olahraga lebih ke RPM (Rapid Power Motion) sepeda, TRX (Total Body Resistance Exercise), dan body combat," ujar Gracia Indri, seperti dikutip dari detikHot.

RPM sendiri memang sudah cukup sering dijadikan pilihan olahraga banyak orang. Ini dikarenakan olahraga RPM dikatakan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto, SpKO, dari RS Mitra kemayoran sebagai olahraga yang cukup berat.

"RPM menurut saya cukup berat, tentunya dia membakar lebih banyak namun hal itu juga mengandung konsekuensi karena defisit energi cukup besar, dan dampaknya adalah appetite (nafsu makan) meningkat hal inilah yang akan membuat dietnya menjadi lebih susah," ujarnya kepada detikHealth.

Baca juga: Berat Badannya Turun hingga 20 Kilogram, Ini Tips dari Gracia Indri

RPM olahraga yang cukup berat sehingga membakar banyak kalori.RPM olahraga yang cukup berat sehingga membakar banyak kalori. Foto: ilustrasi/thinkstock


Dokter dengan panggilan akrab dr Michael ini mengibaratkan olahraga berat sama halnya dengan orang yang bekerja lembur. Ketika orang yang bekerja lembur mengharapkan bonus, tubuh yang dipakai untuk olahraga berat dan ditambah dengan diet ketat sewaktu-waktu juga akan menuntut 'bonus' dengan keinginan makan yang lebih besar.

"Jadi tidak boleh (melakukan RPM untuk menurunkan berat badan)? Bukan berarti tidak boleh, tapi harus hati-hati. Kalaupun mau RPM, boleh namun kita harus cek dulu komposisi lemak tubuh dan penurunan yang diharapkan jadi bisa megatur intensitas," tandasnya.

Baca juga: Olahraga Terlalu Berat Bisa Sebabkan Varises? Ini Kata Dokter


(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close