detikhealth

Alasan Penting Memasukkan Tidur Sehat dalam Resolusi 2018

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 01/01/2018 20:06 WIB
Alasan Penting Memasukkan Tidur Sehat dalam Resolusi 2018Foto: Thinkstock
Jakarta, Survey detikHealth menunjukkan 49,6 persen pembaca menjadikan tidur lebih teratur sebagai resolusi sehat 2018. Pilihan yang cukup baik, karena pola tidur yang berantakan berdampak buruk bagi kesehatan.

Tahun 2013, sebuah penelitian di jurnal Science mengungkap bahwa sel-sel otak pada tikus mengecil ketika tidur. Mekanisme ini memungkinkan cairan otak untuk membasuh racun-racun yang ada di area tersebut.

Penelitian lain oleh National Sleep Foundation menyebut 26 persen orang mengaku kehidupan kehidupan seksualnya bermasalah ketika mereka kelelahan. Pada pria, kurang tidur diketahui bisa menurunkan kadar testosteron, yang dikenal sebagai hormon seks pria.

Baca juga: Resolusi Diet Tahun Baru Bisa Begini Jika Dilakukan Sembarangan

Tak kalah penting, kurang tidur juga berpengaruh besar pada berat badan. Pola tidur yang berantakan menekan hormon leptin yang bertanggung jawab mengatur sinyal lapar di otak. Nafsu makan yang tidak terkontrol akhirnya bisa meningkatkan risiko kegemukan.

Dikutip dari WebMD, menjaga pola tidur yang sehat bisa mencegah infeksi. Eksperimen pada 150 orang membuktikan bahwa kurang tidur membuat seseorang lebih mudah terinfeksi virus flu.




Baca juga: Pilih Olahraga Sebagai Resolusi Gaya Hidup Sehat, Perhatikan Ini Dulu

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit