detikhealth

Ingin Lakukan Squat Challenge yang Benar? Begini Caranya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 04/01/2018 11:37 WIB
Ingin Lakukan Squat Challenge yang Benar? Begini CaranyaCara yang benar melakukan squat challenge/Foto: 20detik
Jakarta, Squat adalah salah satu latihan yang banyak dipilih orang terutama para wanita untuk mendapatkan bentuk paha, betis dan kaki yang indah dan juga jenjang. Nah, untuk mewujudkannya tak sedikit yang menjajal squat challenge yang tengah ramai diperbincangkan atau kerap dijumpai di internet maupun di media sosial. Namun, apakah itu ide yang bagus?

Menurut pelatih kebugaran sekaligus ahli gizi, Jansen Ongko Msc, RD, pada dasarnya squat challenge dapat menjadi berisiko apabila dilakukan dengan cara yang salah. Oleh sebab itu, dalam melakukan gerakan squat ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Nah, untuk melakukan squat yang baik dan juga cara menyusun program latihan kaki yang benar, gerakkan awal ialah dengan membentangkan kaki selebar bahu kemudian lakukan gerakkan naik turun.

Ingin Lakukan Squat Challenge yang Benar? Begini CaranyaBentangkan telapak kaki selebar bahu, di saat turun pastikan lutut tidak masuk ke dalam/Foto: 20detik


"Dimulai dari bagian bawah, bentangkan telapak kaki selebar bahu kemudian di saat turun pastikan lutut tidak masuk ke dalam," ucap Jansen dalam video Health it Up.

Jansen menegaskan, saat melakukan squat, pastikan juga lutut terbuka tetapi tidak terlalu lebar. Posisi dada harus busung dan tulang belakang harus rata. Tidak boleh membungkuk karena dapat membahayakan spine atau tulang belakang Anda.

Baca juga: Tantangan 10 Ribu Squats dalam Sebulan, Berani Mencoba?

"Di saat turun, Anda dapat meluruskan tangan ke depan untuk menambahkan keseimbangan tubuh Anda. Luruskan tangannya kemudian naik. Dan jangan lupa di saat turun tarik napas, di saat naik buang napas," kata Jansen.

Dalam menyusun program squat yang baik, imbuh Jansen adalah jangan melakukan squat dalam jumlah repetisi atau pengulangan yang banyak sekaligus. Sebaiknya lakukan bertahap sebanyak 4 sampai 5 set yang terdiri dari 10 sampai 15 repetisi.

Ingin Lakukan Squat Challenge yang Benar? Begini CaranyaGerakan yang efektif dilakukan untuk mengencangkan paha adalah back squat dan juga hip thrust/Foto: 20detik


Apabila sudah terlalu mudah dan bisa dikuasai dengan baik, Anda dapat mencoba variasi gerakan squat dengan menggunakan dumbel sebagai beban tambahan. Selain squat, gerakan lain yang efektif dilakukan untuk mengencangkan paha adalah back squat dan juga hip thrust.

"Jadi sebelum melakukan apapun itu program latihannya, pastikan Anda konsultasikan dengan pelatih kebugaran yang mengerti akan gerakan yang benar atau teman Anda yang paham," saran Jansen.

Baca juga: Ini Alasan Melakukan Gerakan Squats Secara Rutin

Untuk lebih jelasnya, bisa simak video berikut ini:
(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit