detikhealth

Tersebar Foto Tes Sederhana Deteksi Asam Urat, Dokter Sebut Hoax

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 11/01/2018 10:37 WIB
Tersebar Foto Tes Sederhana Deteksi Asam Urat, Dokter Sebut HoaxBeredar foto yang menunjukkan tes sederhana cek kadar asam urat, tapi menurut dokter itu hoax. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Baru-baru ini, detikHealth menerima sebaran foto di grup media sosial yang menunjukkan cara mendeteksi penyakit asam urat seseorang. Dengan menekuk setengah jari-jari tangan.

Jika ujung jari bisa menempel, itu menandakan bahwa kadar asam urat seseorang masih terbilang baik. Dikutip dari beberapa sumber, kadar asam urat normal pada perempuan yaitu 2,4–6,0 mg/dL, sedangkan pada pria adalah 3,4–7,0 mg/dL.

Tes sederhana untuk cek kadar asam urat yang beredar di grup sosial media.Tes sederhana untuk cek kadar asam urat yang beredar di grup sosial media. Foto: Viral


Baca juga: Kolesterol atau Asam Urat Tinggi, Bolehkah Makan Daging Kambing?

Menanggapi foto tersebut, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menegaskan bahwa foto yang menunjukkan tes sederhana itu tidak benar.

"Itu hoax. Sekarang orang kalau mau memastikan ya cek laboratorium," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (11/1/2018).

Untuk mendeteksi adanya penyakit asam urat, biasanya timbul beberapa gejala spesifik. dr Ari menyebutkan bahwa asam urat itu adalah suatu peradangan di jari-jari sendi kecil, terutama di bagian jempol kaki.

"Biasanya ada benjolan, bengkak, nyeri, merah, pas digerakin sakit," imbuhnya.

Agar terhindar dari penyakit ini, dr Ari menyarankan untuk selalu menjaga asupan makanan sehari-hari. Terutama hindari makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti jeroan dan seafood.

Baca juga: Asam Urat Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit