detikhealth

Waduh! Tenggorokan Pria Ini Sobek Gara-gara Tahan Bersin

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 16/01/2018 13:10 WIB
Waduh! Tenggorokan Pria Ini Sobek Gara-gara Tahan BersinTanda panah menunjukkan udara yang terperangkap dalam area leher sang pria. (Foto: Live Science/BMJ Case Reports)
Jakarta, Karena tidak ingin berisik, tidak sopan, atau karena alasan lainnya kadang seseorang memilih untuk menahan bersin. Padahal, dampak yang ditimbulkan dari menahan bersin ini bisa menimbulkan cedera menyakitkan.

Seperti yang dialami seorang pria 34 tahun dari Inggris, tenggorokannya sobek karena memaksakan diri untuk menahan bersin. Ia diketahui menahan bersin dengan cara menutup hidung dan mulut.

Laporan dalam jurnal BMJ Case Reports menyebut setelah menahan bersin sang pria merasa sensasi seperti ada yang pecah di leher. Dirinya langsung memeriksakan diri ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena timbul rasa nyeri dan lehernya bengkak.

Baca juga: Kenapa Suara Bersin Orang Beda-beda? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ketika diperiksa oleh dokter hasil rontgen menunjukkan bahwa ternyata tenggorokan sang pria sobek meninggalkan lubang yang terhubung ke kerongkokan. Dari rontgen juga terlihat bahwa ada gelembung udara terperangkap di area leher dan dada.

Sang pria akhirnya dirawat selama dua bulan di rumah sakit. Ia mendapat makanan dari selang sampai lubang di tenggorokannya sembuh dan dapat kembali menelan makanan lunak.

"Menahan bersin dengan menutup hidung atau mulut adalah tindakan berbahaya yang sebaiknya dihindari," tulis dokter yang menangani kasus ini seperti dikutip dari Live Science, Selasa (16/1/2018).

Menurut spesialis telinga-hidung-tenggorokan (THT) dr Dale Amanda Tylor dari ENT Associates of Santa Barbara dampak yang sedikit langka namun berbahaya dari menahan bersin adalah aneurisma. Kondisi ini terjadi ketika tekanan udara membuat dinding pembuluh darah yang lemah menggelembung seperti balon.

"Dengan aneurisma, dinding pembuluh darah yang lemah bisa robek kapan pun," pungkasnya.

Baca juga: Bahaya Menahan Bersin: Pembuluh Darah Pecah Hingga Sobek Gendang Telinga(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit