detikhealth

Pengidap Kanker Anak di Aceh Tulis Surat, Isinya Mengharukan

Agus Setyadi - detikHealth
Rabu, 24/01/2018 07:44 WIB
Pengidap Kanker Anak di Aceh Tulis Surat, Isinya MengharukanFoto: thinkstock
Jakarta, Surat menyentuh yang ditulis Nurul, seorang pengidap anak kanker di Aceh menjadi viral di media sosial. Di dalam surat bertulis tangan tersebut, Nurul berkisah mulai awal dirinya mengidap kanker hingga kini kepalanya plontos akibat menjalani kemoterapi.

Nurul menulis surat sepanjang satu halaman. Pada bagian sudut kiri surat, dia lukis tiga tangkai bunga. Sementara pojok kanan, Nurul membuat dua gambar love. Surat itu dia tujukan untuk Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Aceh Darwati A Gati.

Surat milik Nurul ini menjadi viral setelah Darwati mengunggahnya di Instagram pribadi miliknya. Dilihat detikcom pada Selasa (23/1/2018), foto surat ini sudah mendapat tanda "love" dari 5,236 netizen.

"Nama saya Nurul, saya ingin bercerita tentang pertama Nurul sakit," tulis Nurul di awal suratnya.

Nurul berkisah, saat dirinya mengikuti karnaval beberapa waktu lalu, dirinya tiba-tiba jatuh. Ia diboyong ke Rumah Sakit Cut Mutia. Setelah dirawat, ia kembali sehat seperti biasa. Namun sekonyong-konyong, Nurul kembali masuk rumah sakit Cut Mutia dan selanjutnya dirujuk ke Banda Aceh.

"Ketemu ibu dibilang harus kemo. Setelah itu Nurul bilang sama ayah dibilang sama ayah tidak dikasih kemo Nurul tetap berobat sendiri karena Nurul pengen sembuh. Kalau kita sudah sembuh kita bisa sekolah dan juga bisa pergi ngaji," tulis Nurul dalam suratnya.

"Nurul sekarang botak karena di kemo tapi Nurul tidak malu dan sedih karena nanti akan tumbuh kembali rambutnya," lanjutnya.

Dalam suratnya, Nurul juga bercerita dirinya sempat diajak jalan-jalan oleh Darwati saat di Banda Aceh. Nurul saat itu dibawa dengan mobil dan duduk bersama Darwati.

"Nurul senang ibu datang dan jalan-jalan naik mobil bagus dan ibu Darwati lebih wangi dari ibu Nur suka kali ciumnya. Nurul cium ibu Nur waktu tidur dan bangun pagi," ungkap Nurul pada bagian akhir surat.

Pengidap Kanker Anak di Aceh Tulis Surat, Isinya MengharukanFoto: instagram @darwati_agani


Darwati sendiri mengaku terharu membaca surat dari Nurul. Beberapa hari sebelumnya, Darwati memang mengajak Nurul jalan-jalan. Pada salah satu postingannya, Darwati juga memasang foto saat sedang bersama Nurul.

"Terharu membaca surat dari Nurul, tetap semangat sayang. Insyaallah Allah akan memberi kesembuhan, nanti kita jalan-jalan lagi yach," kata Darwati dalam postingannya.

Baca juga: Surat Terakhir Pasien Kanker Langka yang Viral: Tiap Hari adalah Hadiah Berharga

Nurul sudah menjalani 14 kali kemoterapi. Selama perawatan di Banda Aceh, dia tinggal di Rumah Kita di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh. Menurut Darwati, Nurul adalah anak yang ceria dan penuh semangat.

"Dia sudah menjalani 14 kali kemoterapi sehingga rambutnya rontok dan harus dibuang. Nurul anak yang sangat ceria, dia bisa menjadi penyemangat bagi anak-anak lainnya yang tinggal di rumah kita," jelas Darwati.

Berdasarkan data tahun 2014 lalu, perharinya ada sekitar 40 pengidap kanker yang berobat ke Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh. Artinya ada 1000 lebih pengidap kanker yang berobat setiap tahunnya di rumah sakit terbesar di Aceh itu.

"Harus diakui bahwa pencegahan selama ini belum maksimal. Salah satu cara mengurangi angka penderita adalah dengan mengkampanyekan pola hidup sehat. Butuh upaya komprehensif kita bersama untuk terus memberikan penyadaran pada masyarakat," kata Darwati saat dikukuhkan menjadi Selasa Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Aceh Periode 2018-2023 di Aula Dinas Kesehatan Aceh, (16/01) lalu.

Baca juga: Haru! Wanita Ini Mendapat Karangan Bunga Terakhir dari Mendiang Ayahnya

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit