detikhealth

Diet Tak Seimbang, Tulang Wanita Ini Bisa Patah Cuma Karena Duduk Keras

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 13/02/2018 15:05 WIB
Diet Tak Seimbang, Tulang Wanita Ini Bisa Patah Cuma Karena Duduk KerasTubuh Clay terlihat sangat ringkih karena sering melewatkan waktu makan. (Foto: BBC)
Jakarta, Kisah Bobby Clay (20) dari Inggris mungkin bisa jadi pengingat pada kita semua pentingnya menyeimbangkan olahraga dengan diet sehat. Di usia yang masih muda Clay pernah mengalami osteoporosis (pengeroposan tulang) cukup parah di mana tulangnya bisa patah hanya karena duduk terlalu keras.

Clay bercerita pada saat itu dirinya yang masih berusia 15 tahun terlalu fokus latihan lari sebagai atlet mewakili Inggris Raya. Dirinya latihan begitu keras sampai melupakan makan.

Baca juga: Tiba-tiba Tulang Patah Meski Tanpa Gejala, Itu Osteoporosis Lho

Karena tubuh Clay tidak mendapat nutrisi yang dibutuhkan ia jadi tidak pernah menstruasi. Karena malu, Clay tidak pernah menceritakan kondisi tersebut ke orang lain dan terus dibiarkan sampai pada akhirnya terjadi osteoporosis.

"Bagaimana caranya saya bilang ke orang lain bahwa usia saya 20 tahun tapi tidak pernah menstruasi," ujar Clay seperti dikutip dari BBC, Selasa (13/2/2018).

"Saya ingin menjadi atlet sukses. Keinginan egois untuk menjadi yang terbaik di dunia membuat saya menutup mata dari tanda bahaya dan nasihat orang lain," lanjutnya.

Kondisi Clay kini perlahan membaik setelah terlalu sering patah tulang. Ia menjalani terapi hormon dan perbaikan diet dengan harapan bisa kembali aktif menjadi atlet setelah pulih 100 persen.

"Saya tahu saya akan kembali tapi butuh berapa lama masih belum pasti," pungkas Clay.

Baca juga: Jika Kalsium Tak Diperhatikan, Hati-hati Osteoporosis Hingga Patah Tulang(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit