Kamis, 14 Apr 2016 19:31 WIB

Butuh Waktu Berapa Lama Mr P Kembali Ereksi Usai Ejakulasi?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa pasangan ada yang memutuskan untuk melanjutkan sesi bercinta meski mereka sudah mencapai orgasme. Nah pada pria, butuh berapa lama agar penis bisa kembali ereksi lantas berejakulasi pasca mencapai orgasme pertama?

Diungkapkan urolog di Weill Cornell Medicine, Richard K Lee, MD, tidak seperti wanita, pria harus memperhitungkan periode refrakter mereka sebelum memutuskan untuk kembali berhubungan seks. Periode refrakter adalah waktu yang diperlukan pria untuk bisa terangsang, mengalami ereksi, orgasme, dan ejakulasi.

"Tidak seperti yang Anda lihat di film-film di mana pria bisa langsung 'on' kembali pasca ejakulasi dan bisa bercinta tiga sampai empat kali dalam beberapa jam. Itu tidak realistis sebab pria memiliki periode refrakter," tutur Lee, dikutip dari Men's Health.

"Kecuali Anda usia 14 tahun, mungkin butuh setidaknya satu atau dua jam untuk bisa ereksi kembali setelah mengalami ejakulasi," tambah Lee.

Baca juga: Pria Sulit Orgasme Seiring Bertambahnya Umur? Ini Penyebab dan Solusinya

Menurut review terbaru dalam Journal of Sexual Medicine, bahkan tidak ada data pasti berapa lama periode refrakter yang dibutuhkan pria. Namun, diperkirakan butuh waktu sekitar 30 menit sampai 24 jam, sesuai dengan usia si pria. Disebutkan, makin tua usia si pria, maka mereka butuh periode refrakter lebih lama.

Sampai saat ini pun dikatakan Lee belum diketahui pasti faktor apa saja yang memengaruhi cepat-lambatnya periode refrakter. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hormon prolaktin yang muncul pasca orgasme dan bisa menghambat gairah serta ejakulasi juga memiliki pengaruh.

Faktor gaya hidup dikatakan Lee juga bisa berperan. Konsumsi alkohol atau terlalu sering masturbasi bisa saja membuat periode refraktur lebih lama. Namun, Lee menyarankan jika butuh waktu sampai berhari-hari untuk bisa kembali ereksi pasca ejakulasi terakhir, segeralah konsultasi ke dokter.

"Dokter bisa membantu mencari tahu apakah gaya hidup yang menghambat Anda untuk bisa ereksi kembali, atau ada faktor lain misalnya stres, konsumsi obat baru, serta kondisi kesehatan lain seperti penyakit kardioavskular yang memang bisa menyebabkan disfungsi ereksi," pungkas Lee.

Baca juga: Studi: Tak Cuma Wanita, Pria Juga Bisa Orgasme Lebih dari Satu Kali (rdn/vit)