Senin, 03 Okt 2016 19:43 WIB

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Bercinta Saat Hamil

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika hamil banyak pasangan suami istri (pasutri) yang khawatir ingin berhubungan intim karena merasa berbahaya bagi janin. Tapi nyatanya boleh-boleh saja kok, jika kondisi kandungan tidak ada masalah.

Menurut dr Boy Abidin SpOG (K) berhubungan intim di masa kehamilan boleh dilakukan selama tidak ada komplikasi dari kehamilan. Misalnya perdarahan atau kelainan posisi plasenta.

"Boleh juga dilakukan kalau nggak ada keluhan nyeri yang dirasakan ibu ketika berhubungan intim. Jadi kontrolnya tetap dari ibu ya apakah menghendaki atau tidak," tutur dr Boy ketika ditemui baru-baru ini.

Baca juga: Asal Begini Kondisinya, Bercinta di Trimester 3 Kehamilan Aman Kok

Sedangkan menurut Dr Andri Wanananda MS konsultan seksologi di detikHealth beberapa waktu lalu, posisi pasutri yang ingin bercinta juga harus diperhatikan. Ia menyarankan untuk mengatur posisi yang tidak membebani rahim dan tetap berlangsung nyaman.

"Untuk ibu yang sedang hamil muda (di bawah 1 bulan) posisi yang aman adalah tidak membebani kandungan. Misalnya, posisi 'doggie-position' atau 'side by side position' (posisi miring)," ucap dr Andri.

Sementara itu bagi wanita yang pernah mengalami keguguran, dr Andri menyarankan untuk menunda berhubungan intim sampai usia kehamilan telah masuk 16 minggu (4 bulan).

Baca juga: 5 Posisi Bercinta yang Aman untuk Wanita Hamil

(vit/vit)
News Feed