Rabu, 14 Des 2016 17:08 WIB

Blue Balls, Kondisi yang Bisa Terjadi pada Testis Saat Pria Bergairah

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Saat bercinta, Anda menyadari jika warna testis jadi kebiruan? Jangan langsung panik. Sejatinya, kondisi itu wajar terjadi pada pria ketika mereka tengah bergairah.

Seksolog klinis Eric M Garrison mengungkapkan bahwa kondisi testis yang membiru disebut juga blue balls. Kondisi ini terkait dengan aliran darah. Garrison mengatakan, blue balls atau involuntary testicular vasocongestion terjadi ketika organ seksual pria tidak bisa melepaskan darah yang 'memenuhi' organ intim selama mereka bergairah.

Garrison menambahkan, ketika pria terangsang secara seksual, organ intim mereka mulai membengkak karena dipenuhi dengan aliran darah yang diperlukan untuk ereksi penis. Nah, ada sejumlah darah yang tidak dialirkan ketika pria mendekati waktu orgasme.

"Saat Anda terangsang dan tidak terjadi aliran darah, akan banyak darah 'terjebak' di organ intim Anda. Ketika banyak darah yang mengandung oksigen di penis, testis pun akan terlihat biru," terang Garrison kepada Ask Men.

Lantas, siapa saja yang sering mengalami hal ini? Menurut Garrison semua pria bisa mengalaminya. Intinya, semakin mudah pria terangsang maka makin besar kemungkinan blue balls ini terjadi. Sehingga, dikatakan Garrison, pria muda umumnya lebih sering mengalami hal ini karena mereka biasanya memiliki kebugaran seksual yang baik.

Baca juga: Beginilah Ciri-ciri Alat Kelamin Pria yang Sehat

Untuk mengatasi kondisi ini, pria hanya perlu membuat dirinya untuk tidak terangsang. Menurut Garrison, hal itu bisa dilakukan dengan menuntaskan hasrat seksual Anda dengan mencapai orgasme atau alihkan perhatian Anda.

"Ketika Anda sudah tidak terangsang lagi, semuanya akan kembali normal," ujar Garrison.

Soal blue balls, apakah kondisi ini bisa juga terjadi pada wanita? Garrison mengatakan hal itu bisa terjadi sebab pada prinsipnya wanita juga mengalami ereksi pada klitorisnya. Hanya saja, karena letak klitoris di dalam vagina maka tidak terlalu terlihat.

"Pada wanita lebih tepat disebut blue lips karena bagian yang membiru adalah bibir vagina. Prinsipnya sama seperti pada pria, saat wanita terangsang secara seksual, aliran darah ke area intimnya lebih banyak, termasuk pada labianya," kata Garrison.

Baca juga: Beginilah Ciri-ciri Vagina yang Sehat

(rdn/up)