7 Penyebab Gatal di Selangkangan Pria

ADVERTISEMENT

7 Penyebab Gatal di Selangkangan Pria

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Selasa, 24 Jan 2017 14:05 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Bukannya reda, gatal di selangkangan terkadang semakin memburuk ketika digaruk. Lantas apa yang bisa dilakukan?

Menurut pakar, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu apa penyebab gatal tersebut. Joshua Zeichner, MD, dari Mount Sinai Hospital mengungkapkan penyebabnya bisa sepele seperti deterjen yang dipakai hingga serius semisal infeksi.

Ingin tahu apa saja? Berikut paparannya seperti dikutip dari Men's Health, Selasa (24/1/2017).

1. Infeksi jamur
Bila dalam jumlah kecil, jamur di kulit takkan berbahaya. Lain halnya bila tumbuh secara berlebihan, maka yang bisa terjadi adalah infeksi.

Biasanya ini ditandai dengan gatal yang disertai ruam. Ada juga yang kulitnya mengering dan bersisik di sekitaran paha.

"Ini terjadi pada tempat-tempat lembap yang tidak banyak terpapar cahaya seperti di antara kemaluan dan paha," ungkap Jason Reichenberg, MD dari University of Texas Austin.

2. Gesekan
Hal ini terjadi ketika kedua paha bergesekan satu sama lain akibat suatu kegiatan, semisal lari. Gesekan ini merusak lapisan kulit terluar dan mengakibatkan 'retakan' serta peradangan.

"Lalu muncul ruam berwarna merah dan mengganggu, bahkan kulit bisa jadi bersisik karenanya," terang Zeichner.

3. Intertrigo
"Tandanya ada ruam kasar yang gatal dan terasa menyengat, biasanya pada bagian yang sering lembab karena keringat," ungkap Zeichner.

Intertrigo lumrah ditemukan di selangkangan, lipatan perut, di bawah lengan atau di sela-sela jari kaki. Karena lembab, maka bakteri dan jamur bisa tumbuh subur di sana.

4. Dermatitis kontak
Dermatitis kontak bisa muncul bila kulit bersentuhan dengan sesuatu yang memicu alergi. Bila sudah begini, maka rasanya akan gatal luar biasa dan juga muncul ruam. Kadang keluar cairan berwarna bening atau kekuningan.

Menurut Reichenberg, kondisi ini bisa timbul jika yang bersangkutan mengganti rutinitasnya seperti mengganti deterjen atau membeli sofa baru yang bahannya berbeda dengan sofa sebelumnya.

5. Kutu kemaluan
Adanya kutu kemaluan dapat memicu gejala seperti gatal, iritasi dan bintik-bintik kecil di sekitar kemaluan. Bentuk parasit ini mirip kepiting mini yang berkeliaran di rambut kemaluan Anda.

6. Herpes
Bila gatal di kemaluan Anda dibarengi dengan munculnya sensasi seperti terbakar dan sehari kemudian muncul luka lecet serta melepuh, maka ini bisa jadi karena herpes. Selain itu, perlu diingat bahwa herpes juga bersifat kambuhan.

Baca juga: Hai Pria, Jika Tak Mau Selangkangan Gatal Hindari dengan 5 Cara Ini

7. Kutil kelamin
Kutil kelamin merupakan gejala umum dari serangan human papillomavirus (HPV). Tetapi gejala yang muncul hanyalah kutil yang tidak terasa sakit, hanya gatal saja sesekali. (lll/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT