Kamis, 16 Nov 2017 10:05 WIB

Kurang Tidur Bikin Testis Mengecil, Benarkah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Mitos yang beredar kurang tidur bisa mengakibatkan testis seseorang mengecil. Foto: thinkstock Mitos yang beredar kurang tidur bisa mengakibatkan testis seseorang mengecil. Foto: thinkstock
Jakarta - Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi dapat menyebabkan kelelahan saat bangun tidur dan menguap sepanjang hari. Nah konon, kurang tidur juga, khususnya pada pria bisa bikin testis mengecil, benarkah demikian?

"Nggak, nggak ada hubungannya," kata dokter spesialis andrologi, dr Nugroho Setiawan SpAnd saat berbincang dengan detikHealth.

dr Nugroho, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa tidak ada kaitannya kurang tidur bisa memengaruhi ukuran testis. Menurutnya pula testis yang baik adalah testis yang bersuhu empat derajat lebih rendah dari suhu tubuh. Artinya adalah jika suhu badan 37 derajat Celcius, maka suhu testis yang baik adalah 33 derajat Celcius.

"Harus sekitar 33 derajat, berarti 4 derajat lebih rendah dari 37 derajat," ujar dr Nugroho.

Kemudian secara fisik, dr Nugroho mengatakan, salah satu ciri testis yang normal adalah kondisi testis harus menggantung. Di samping itu, skrotum atau kantong testis pun berkeriput, sehingga bisa membuang suhu panas lebih banyak.

Baca juga: Penyebab Gatal di Skrotum

"Lalu testis pria yang benar adalah ototnya. Itu thermoregulator, kalau dia kedinginan dia akan mengkerut ke atas, kalau dia kepanasan akan turun ke bawah. Jadi biar suhunya selalu tetap," tambah dr Nugroho.

Namun, lanjut dr Nugroho, jika suhu testis tidak bersuhu 33 derajat Celcius, tentu akan mengganggu produksi sperma. Sebab testis merupakan 'pabrik' dari sperma maupun hormon testosteron.

"Kalau hormon testosteron ya nggak ada masalah tapi spermanya terganggu," imbunya.

dr Nugroho menambahkan, testis yang mengecil bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain infeksi, trauma, atau terpuntirnya pembuluh darah yang biasa disebut dengan torsio testis.

Baca juga: Buah Zakar Remaja Ini Harus Diangkat karena Terpuntir 540 derajat



(hrn/ask)