Kamis, 14 Des 2017 18:09 WIB

Berapa Lama Waktu Foreplay Terbaik Sebelum Bercinta di Malam Pertama?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Foreplay atau pemanasan sebelum memasuki sesi percintaan adalah salah satu aktivitas seks yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tujuannya untuk merangsang pasangan agar lebih bergairah dan hot di ranjang.

Menurut dr Andri Wanananda MS, pakar kesehatan seksual, untuk berhubungan seks yang nikmat dan tanpa rasa sakit, harus melalui proses pemanasan yang baik supaya wanita bisa mengeluarkan cairan lubrikasi yang optimal. Karena itu, sangat disarankan jangan terlalu 'to the point' ketika ingin melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya.

Baca juga: Pengusaha: Pegawai Nikah 1 Kantor Rawan Konflik

dr Andri mengatakan, sebelum pengantin baru bercinta lebih dalam, lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan foreplay amatlah beragam. Bisa dilakukan selama 5 menit, 10 menit, ataupun setengah jam. Tergantung dari individu tersebut.

"Durasi itu sangat relatif. Jadi kita tidak bisa terpaku seperti di film-film, itu mungkin diedit. Jadi durasi yang ideal, di mana pria dan wanita bersamaan mencapai orgasme, atau wanita lebih awal mencapai orgasme, disusul oleh pria. Pokoknya main dulu, foreplay dulu, lama foreplaynya, baru dia berhubungan," kata dr Andri saat berbincang dengan detikHealth.

Baca juga: Sah! MK Bolehkan Pegawai Nikah dengan Teman 1 Kantor

Diutarakan dr Andri, ada banyak variasi foreplay. Ada yang melakukan foreplay dengan cara sederhana, ada pula yang melakukan foreplay dengan menggunakan skenario. Misalnya saja, si wanita memakai pakaian seperti seorang putri raja atau cleopatra.

"Ada foreplaynya sederhana tapi dia sudah terangsang, ada yang foreplay pakai skenario, ada yang berlaga umpama dia keluar layar pakai pakaian putri raja atau cleopatra. Nah itu satu adegan yang merangsang fantasi, mungkin lebih lama," tutur pria yang juga mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara itu.

Baca juga: MK Halalkan Nikah Sekantor, Anggota DPR: Ini Jaman Now!

"Jadi tergantung individu, tiap pasangan punya ide masing-masing," sambung dr Andri.

dr Andri menegaskan, foreplay yang ideal adalah foreplay yang bisa membangkitkan birahi. Selain foreplay penting untuk lubrikasi pada wanita. Foreplay juga penting bagi pria untuk mempertahankan ereksinya.

Baca juga: Survei: 52 Persen Pengantin Baru Tak Langsung Bercinta di Malam Pertama

(hrn/up)