Minggu, 10 Mar 2019 23:37 WIB

Merasa Mual Sehabis Bercinta? Ini Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mual sehabis bercinta bisa menandakan banyak hal (Foto: iStock) Mual sehabis bercinta bisa menandakan banyak hal (Foto: iStock)
Jakarta - Mual kerap dikaitkan dengan gejala kehamilan yang biasanya muncul pada trimester pertama. Tapi beberapa wanita mengalaminya sesaat setelah bercinta, yang tentu saja bukan pertanda hamil.

"Tidak pernah normal untuk merasa mual sehabis bercinta," kata Lauren Streicher, dokter kandungan dari Northwestern Medicine's Center for Sezual Medicine and Menopause, dikutip dari Popsugar.

Menurut Laura, ada berbagai kemungkinan keluhan mual muncul seusai bercinta. Kemungkinan pertama adalah stimulasi leher rahim atau cervical stimulation. Kontak dengan bagian ini bisa memicu respons tekanan darah dan denyut jantung menurun tiba-tiba dan berakibat pada rasa mual.



Kemungkinan berikutnya adalah pertanda ada masalah pada sistem reproduksi. Endometriosis dan radang panggul bisa memicu berbagai keluhan saat berhubungan seks, termasuk nyeri dan mual.

"Jika kamu mengalami intercourse apapun yang terasa sakit, kamu harus segera ke dokter kandungan," kata Laura.

Kemungkinan lain yang relatif jarang ditemukan adalah kondisi psikologis yang disebut sexual aversion. Biasanya dipicu oleh pengalaman negatif atau traumatis yang membuat seks jadi tidak menyenangkan.

(up/up)
News Feed