Kamis, 14 Mar 2019 19:04 WIB

Khusus Pasutri, 6 Manfaat Berhubungan Intim Setiap Hari

Ayunda Septiani - detikHealth
Seks tiap hari punya banyak manfaat! Foto: iStock Seks tiap hari punya banyak manfaat! Foto: iStock
Jakarta - Seks bukan sekadar bahasa cinta pada pasangan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Coba, deh, kamu pasti pernah merasakan terjebak pekerjaan hingga menjadi sangat sibuk. Bagaimana mood kamu saat itu? Lelah, stres, hilang gairah, dan butuh sesuatu untuk refreshing, tentunya.

Seks bisa menjadi solusi bagi kamu untuk mengembalikan mood baik. Jadi, tak ada alasan untuk tidak memeluk pasangan setiap malam, menikmati romansa hubungan intim bersama, dan keesokan paginya, bangun dengan tubuh segar dan wajah cerah.

Tentu saja, kecuali sedang dalam perjalanan atau kondisi lain yang tak memungkinkan, melakukan seks setiap hari sangat dianjurkan, dikutip dari Time Of India kamu akan merasakan manfaat lainnya, berikut ini:



Seks mampu tingkatkan kekebalan tubuh.Seks mampu tingkatkan kekebalan tubuh. Foto: iStock


1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena bercinta adalah aktivitas fisik yang melatih tubuh secara umum, tubuh lebih sehat secara alami dan tingkat sel darah putih lebih banyak untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit.

Penelitian dari Wilkes University menunjukkan bahwa bercinta 1-2 kali seminggu meningkatkan immunoglobulin A (IgA), antibodi yang mempertahankan diri dari penyakit.

Tidur nyenyak yuk malam ini?Tidur nyenyak yuk malam ini? Foto: Istock

2. Tidur menjadi nyenyak

Menurut Kristin Mark, PhD, direktur Sexual Health Promotion Lab di the University of Kentucky, mengungkapkan bahwa bercinta memberikan efek relaksasi dan melepaskan hormon prolactin sehingga bisa membuat orang mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian 2005 di Scotlandia mengungkapkan bahwa mereka yang bercinta punya kadar tekanan darah lebih rendah dan stabil dibanding mereka yang tidak pernah bercinta. Ini berhubungan dengan tinggi rendahnya kadar stres yang ternyata juga bisa menaikkan tekanan darah.


4. Membakar banyak kalori

Bercinta termasuk aktivitas fisik yang menguras tenaga dan termasuk dalam aktivitas kardio. Tak banyak yang tahu bahwa seks bisa melatih otot, kesehatan jantung, dan tubuh secara umum. penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa bercinta 25 menit ternyata membakar kurang lebih 101 kalori per sesinya.

Stres usai kerja lenyap dengan seks.Stres usai kerja lenyap dengan seks. Foto: iStock

5. Mengusir stres

Jika kamu memiliki hari yang melelahkan di tempat kerja, atau merasa tertekan, seks akan membantu kamu relaks dan mengurangi tingkat stres. Selama berhubungan seks, tubuh menghasilkan dopamin, endorfin, dan oksitosin yang bersama-sama membantu menghilangkan stres, menambah gairah, dan memunculkan rasa bahagia.

Seks juga termasuk olahraga, lho!Seks juga termasuk olahraga, lho! Foto: Istock


6. Olahraga yang menyenangkan

Saat dihadapkan dengan kata olahraga, banyak yang keberatan. Tetapi tidak dengan seks. Sepanjang berhubungan intim, tubuh terus mengalami perubahan fisiologis yang sama seperti saat berolahraga. Tingkat pernapasan yang meningkat berakibat pada pembakaran kalori.

Perhitungan kasarnya, jika kamu bercinta tiga kali seminggu, dapat membakar sekitar 7.500 kalori per tahun. Itu sama dengan berlari sejauh 120 km.

(up/up)