Minggu, 07 Apr 2019 08:31 WIB

5 Fakta Ereksi Spontan Pagi Hari yang Perlu Diketahui Laki-laki

Ayunda Septiani - detikHealth
Ereksi pagi hari menandakan fungsi tubuh yang normal (Foto: iStock) Ereksi pagi hari menandakan fungsi tubuh yang normal (Foto: iStock)
Jakarta - Ereksi di pagi hari merupakan pertanda baik. Bangun di pagi hari dengan Mr P tegak berdiri bukan sekadar simbol kejantanan tapi menandakan kebugaran sistem kardiovaskular.


Ereksi di pagi hari dikenal sebagai Nocturnal Penile tumescence (NPT). Hal yang normal terjadi pada pria, dan tidak melulu disebabkan oleh rangsang visual.

Penasaran dengan fenomena ini? Berikut detikHealth merangkum sejumlah fakta menarik seputar ereksi di pagi hari.



1. Pertanda baik

Pria dari segala usia dapat mengalami NPT. Ini sehat pada segala usia dan merupakan pertanda darah dan sistem saraf berfungsi dengan baik di dalam dan di sekitar penis. Anak laki-laki muda dapat mengalami NPT semuda 6 hingga 8 tahun. NPT juga dapat terjadi pada pria berusia 60-an dan 70-an.

Pria mungkin mengalami ereksi tiga hingga lima kali setiap malam. Tidak terkait dengan apa yang ada dalam mimpi, NPT dapat bertahan lebih dari 30 menit. Beberapa pria mungkin mengalami ereksi selama dua jam selama tidur mereka. Sebagian besar ereksi akan berkurang dalam beberapa menit setelah bangun.

2. Perubahan hormon

Tingkat testosteron yang tertinggi terletak pada pagi hari. Ini terjadi setelah bangun dari tahap tidur rapid eye movement (REM). Peningkatan hormon ini mungkin cukup untuk menyebabkan ereksi, bahkan tanpa adanya stimulasi fisik.

Ketika pria bertambah tua, biasanya antara usia 40 dan 50 tahun, kadar testosteron alami mulai turun, ketika level ini menurun, episode NPT dapat menurun juga. Tes ereksi nokturnal atau Nocturnal Penile Tumescence (NPT) memeriksa apakah seorang pria mengalami ereksi normal selama tidur.

Yang kedua dikarenakan ada pergolakan hormon di dalam tubuh. Salah satu hormon yang sering disebut dalam kasus ini adalah hormon testosteron. Apabila hormon ini mendadak meningkat, bisa jadi penismu akan ereksi dengan spontan walau tidak ada rangsangan fisik.

Mau tahu lebih banyak soal hormon? Ikuti konsultasi 'Live Comment' dengan ahlinya pada Minggu (7/4/2019) pukul 09.00 WIB >> DI SINI



3. Wanita juga mengalami

Memang wanita tidak mempunyai Mr P yang ereksi. Namun wanita bisa mendapatkan ereksi pada klitoris saat tidur. Diyakini bahwa ini mungkin cara tubuh wanita menyediakan aliran oksigen yang cukup ke seluruh tubuh, termasuk alat kelamin.

4 . Rangsangan fisik

Meskipun mata tertutup, tubuh masih sangat sadar akan apa yang terjadi di sekitar. Ereksi spontan atau bisa disebut random boner, terjadi karena ada beberapa hal yang terjadi di dalam tubuhmu. Pertama, bisa dikarenakan rangsangan fisik. Misalnya ketika tidur, organ genital bisa saja bergesekan dengan sprei dan dianggap sebagai rangsangan. Sebagai respons, maka Mr P akan ereksi.

5. Kapan harus ke dokter?

Ereksi itu sehat, dan jarang menjadi alasan untuk mengunjungi dokter. Namun, dua situasi ini mungkin berarti saatnya untuk menemui dokter.

- Berhenti mendapat morning wood
Jika sering mengalami 'morning wood' tetapi sekarang tidak mengalaminya sama sekali atau ereksi lebih sedikit, segera konsul dengan dokter. Walaupun wajar jika episode NPT terjadi lebih jarang seiring bertambahnya usia, penurunan frekuensi yang tiba-tiba mungkin merupakan tanda dari masalah medis yang mendasarinya.

- Ereksi terasa sakit
Sebagian besar ereksi pagi akan mereda dalam waktu 30 menit setelah bangun. Jika ereksi berlangsung lebih dari satu jam setelah bangun menjadi sakit, harus untuk kamu membuat janji dengan dokter.


Saksikan juga video 'Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed