Kamis, 11 Apr 2019 21:32 WIB

8 Tipe Puting Payudara, Salah Satunya Kerap Disangka Tahi Lalat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada berbagai tipe puting payudara yang dikenal (Foto: iStock) Ada berbagai tipe puting payudara yang dikenal (Foto: iStock)
Jakarta - Sebagai manusia, kita sangat senang mengkategorisasi diri sendiri. Salah satunya soal tipe puting payudara, yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Dikutip dari Metro, Dr Tsippora Shainhouse mengungkapkan ada 8 tipe puting payudara di sunia ini. Namun tidak ada tipe yang lebih unggul atau lebih baik. Ada pula satu orang yang bisa memiliki lebih dari satu tipe puting ini. Apa saja?



1. Menonjol
Saat puting susu naik beberapa milimeter dari permukaan areola (warna cokelat di payudara) dan menonjol dari tubuh. Biasanya tipe seperti ini juga dialami mereka yang kedinginan atau sedang terangsang, diikuti dengan pengerasan puting dan semakin menonjol.

2. Datar
Puting juga bisa 'masuk ke dalam' alias 'tidur'. Sebagaian besar baik wanita maupun pria pernah mengalami hal ini, terutama saat tidak kedinginan atau terangsang. Puting benar-benar rata dan menyatu dengan areola.

3. Kembung
Tipe ini menunjukkan saat bagian areola 'mengembung' agak lebih tinggi di atas payudara. Puting bisa semakin menonjol saat dingin atau terstimulasi.

4. Bergeronjal
Apakah kamu pernah melihat adanya bintik bintik kecil di sekitaran puting? Jangan pencet karena bukan jerawat, namun kelenjar Montgomery yang tidak berbahaya dan sangat normal. Hampir semua orang memilikinya, namun lebih terlihat pada tipe ini.



5. Berambut
Siapa bilang puting tidak bisa berambut? Semua orang pasti memiliki folikel di sekitar puting, namun sebagaian di antaranya memiliki rambut yang lebih tebal. Sangat disarankan untuk tidak mencukurnya.

6. Masuk ke dalam
Seperti udel, puting juga bisa masuk melesak ke dalam, bukan keluar. Dan hal tersebut sangat normal. Akan tetapi jika hal ini terjadi mendadak atau tidak bisa menggunakan jarimu untuk menariknya keluar, coba periksakan ke dokter.

7. Masuk ke dalam (2)
Mirip dengan tipe sebelumnya, namun pada tipe ini hanya salah satu puting yang melesak ke dalam. Dr Shainhouse mencatat jika memang selalu seperti ini, maka hal tersebut normal. Namun jika mendadak terjadi, maka bisa jadi tanda kanker payudara dan perlu penanganan medis segera.

8. Supernumerary
Salah satu tipe yang mungkin bisa mengejutkan banyak orang. Walau bukan berdada tiga, namun seseorang bisa memiliki tiga puting sekaligus. Sering disangka sebagai tahi lalat, puting tipe ini dialami sekitar 1 dari 18 orang di dunia, karena tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya puting.

(frp/up)
News Feed