Selasa, 16 Apr 2019 17:59 WIB

Ngetren Pria Suntik Botox untuk Hilangkan Nyeri dan Keriput Kantong Zakar

Firdaus Anwar - detikHealth
Siapa yang ingin punya buah zakar bebas keriput dan bebas longgar? (Foto: iStock) Siapa yang ingin punya buah zakar bebas keriput dan bebas longgar? (Foto: iStock)
Jakarta - Kalau botox dulu populer di antara wanita untuk menghilangkan keriput wajah, tampaknya kini pria juga mulai memanfaatkannya namun untuk kantong zakar. Tren yang disebut scrotox ini populer di antara pria Australia yang ingin menghilangkan keriput kantong zakar.

Dilaporkan oleh news.com.au, banyak pria menjalani scrotox untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun demikian menurut ahli bedah dr Jayson Oates dari klinik CALIBRE ada juga yang melakukan scrotox untuk menghilangkan nyeri.


"Alasan paling umum pasien pria ingin scrotox yang biasa kita terima adalah karena kantong zakarnya sangat ketat sehingga mencekik testis menimbulkan nyeri. Rileksasi kantong zakar dapat membuat testis bisa menggantung lebih ke bawah dan memberikan sedikit rasa lega," kata dr Jayson seperti dikutip dari news.com.au pada Selasa (16/4/2019).

Bagaimana scrotox dilakukan? dr Jayson menerangkan biasanya buah zakar seorang pasien akan dioles terlebih dahulu dengan krim anestesi lokal. Setelah itu botox disuntikkan ke area kulit kantong zakar.

Dengan suntikan botox kantong zakar akan tampak menjadi lebih halus, besar dan lebih menggantung.

Terkait hal tersebut dr Peter Chin dari Urological Society of Australia and New Zealand mengingatkan meski suntik botox pada umumnya relatif aman bukan berarti bebas risiko. Botox pada dasarnya adalah racun saraf sehingga bila terjadi kesalahan saat penyuntikan maka ada risiko terjadi komplikasi.

"Kalau kamu menyuntikkan botox ke otot, kamu akan melumpuhkan area yang terlokalisasi, membuat skrotum rileks dan relatif aman. Tapi skrotum adalah organ yang sangat vaskular, ada risiko potensial botox menyebar ke seluruh tubuh jika disuntikkan secara tidak benar," pungkas dr Peter.

(fds/up)