Rabu, 24 Apr 2019 19:30 WIB

Logika di Balik Mitos Masturbasi Bisa Bikin Kulit Mr P Hitam

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi kulit Mr P hitam. Foto: thinkstock Ilustrasi kulit Mr P hitam. Foto: thinkstock
Jakarta - Masturbasi adalah aktivitas seksual yang sering jadi hal kontroversial tabu dibicarakan terutama di Indonesia. Karena alasan itu banyak informasi miring beredar terkait masturbasi yang sebetulnya menurut ahli tidak benar.

Namun demikian diantara informasi miring tersebut ada beberapa yang logikanya mungkin masuk akal meski belum terbukti secara ilmiah. Sebagai contoh anggapan populer kalau keseringan masturbasi akan membuat kulit penis jadi hitam.



Spesialis kulit dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali berkomentar kulit penis menghitam bisa karena dua hal yaitu faktor alergi atau gesekan saat masturbasi. Alergi bisa terjadi bila minyak tertentu digunakan sebagai pelumas, sementara gesekan terjadi ketika kulit tangan dan kulit penis bertemu.

"Jadi gini dia pakai minyak dan dia ada alergi dikit, terus gesekan itu bisa menghitam. Ini Posible lebih karena faktor alergi dan gesekannya," kata dr Darma pada detikHealth pada Rabu (24/4/2019).

Berbeda dengan dr Darma, seksolog dr Nugroho Setiawan menolak tegas anggapan masturbasi bisa merubah warna kulit pada penis. Ia juga menyebut kalau warna kulit penis seharusnya sama seperti warna kulit pada bagian tubuh lain.

"Mitos karena masturbasi tidak menyebabkan warna kulit penis jadi berubah," ujarnya.

(fds/up)