Jumat, 26 Apr 2019 07:37 WIB

Dokter Urologi Angkat Bicara Soal Masturbasi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Masturbasi bisa menyebabkan infeksi saluran kemih bila tidak memperhatikan kebersihan (Foto: iStock) Masturbasi bisa menyebabkan infeksi saluran kemih bila tidak memperhatikan kebersihan (Foto: iStock)
Jakarta - Berbagai mitos tentang masturbasi membuat kabur sejumlah fakta penting seputar aktivitas seksual yang ditabukan itu. Sebenarnya, ada nggak sih risikonya bagi kesehatan?

"Ada risiko infeksi pada kulit penis bila masturbasi dilakukan pada kelamin yang luka dan tidak bersih," tegas ahli urologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ponco Birowo SpU(K), PhD.

Tidak adanya kontak seksual dengan orang lain saat masturbasu kerap menjadi pembenaran bahwa aktivitas ini lebih sehat dibanding berhubungan seks. Tetapi menurut dr Ponco, faktor kebersihan juga sangat besar pengaruhnya.



"Selain itu, ada juga risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK) jika tidak memperhatikan kebersihan saat masturbasi," tambahnya.

Risiko ISK karena masturbasi paling tinggi dihadapi wanita. Pada pria, kurangnya menjaga kebersihan lebih berisiko mengakibatkan infeksi pada kulit penis.



Galau memikirkan hidup di umur 20-30an? Simak obrolan dengan psikolog dalam video Bicang Sehat berikut:

[Gambas:Video 20detik]


Dokter Urologi Angkat Bicara Soal Masturbasi
(up/up)
News Feed