Sabtu, 04 Mei 2019 13:30 WIB

Selain Daun Sirih, Konsumsi 3 Makanan Berikut untuk Hindari Keputihan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Masalah keputihan menurut pakar holistik bisa dihindari dengan beberapa cara. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Masalah keputihan menurut pakar holistik bisa dihindari dengan beberapa cara. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Keputihan sering jadi masalah menjelang menstruasi. Bisa juga menjadi tanda kurangnya menjaga kebersihan area kewanitaan.

Bukan cuma bikin 'becek' dan lembab, kadang aroma keputihan juga tidak sedap dan bikin kita para perempuan jadi kurang percaya diri. Yang paling terkenal sih menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Padahal menurut dr Grace Hananta C, Ht, dokter holistik, ada beberapa makanan lainnya yang bisa membantu mengatasi keputihan.


1. Bawang putih dan bawang merah

"Pertama yang penelitian baru keluar itu ternyata bawang putih karena konsumsi bawang putih ternyata itu justru sangat bagus untuk organ kewanitaan," jelasnya.

Sebaiknya memang dikonsumsi mentah tapi kan nggak mungkin, apalagi kita ketemu orang setiap hari. Cukup dengan dimasak menjadi bahan masakan kita ketika memasak ayam atau tumis-tumisan sayur sudah sangat membantu. Kita juga bisa loh mengonsumsi kapsul yang sudah ada ekstrak bawang putihnya. Selain itu, bawang merah juga punya manfaat yang sama.

"Ternyata kalau yang suka buang-buangin bawang merah tuh mereka malah kehilangan efek bagus itu."

2. Yogurt

"Selain dari itu ada misalnya yogurt, yogurt tiap hari bagus probiotiknya untuk menjaga area kewanitaan," lanjut dr Grace.

Dengan membiasakan diri sehari sekali mengonsumsi yogurt ini sudah bisa sangat membantu.



3. Bubur kacang hijau

"Biji-bijian, kacang-kacangan juga. Daripada sarapan bubur ayam mendingan kita sarapannya kacang ijo, ketan item lah, itu juga sangat bagus di pagi hari," pungkas dr Grace.


Selain Daun Sirih, Konsumsi 3 Makanan Berikut untuk Hindari Keputihan
(ask/fds)
News Feed