Senin, 13 Mei 2019 14:46 WIB

Minum Suplemen Herbal Supaya Kuat Bercinta, Pria Ini Kena Hipertensi

Firdaus Anwar - detikHealth
Suplemen herbal tidak bebas efek samping. (Foto: Thinkstock) Suplemen herbal tidak bebas efek samping. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria 49 tahun dilaporkan dalam jurnal Emergency Medicine 2019 harus dirawat karena tensi darahnya meningkat drastis hingga level bahaya. Sebelumnya sang pria diketahui mengonsumsi suplemen herbal yang diklaim baik untuk performa bercinta.

Sang pria diketahui sedang memindahkan barang di kantor ketika tiba-tiba merasa dada berdebar, kepala terasa mengambang dan cemas.

Tenaga medis di kantor melakukan pemeriksaan dan diketahui tekanan darah sang pria luar biasa tinggi dengan angka mencapai 280/160 mm Hg. Sebagai perbandingan tekanan darah yang normal di bawah 120/80 mm Hg dan dokter biasanya menganggap tekanan di atas 180/120 mm Hg sebagai krisis hipertensi membutuhkan penanganan segera.

Sang pria langsung dilarikan ke IGD di mana dokter sekali lagi mengkonfirmasi bahwa tekanan darahnya tinggi. Dokter juga menemukan jejak yohimbine, senyawa yang biasa ditemukan pada batang pohon Pausinystalia yohimbe.

Menurut laporan yohimbine dari pohon yohimbe sering dijual sebagai obat untuk disfungsi ereksi. Namun yang mungkin tidak diketahui adalah yohimbine dapat juga menyebabkan efek samping meningkatkan tekanan darah, detak jantung, kecemasan, hingga risiko serangan jantung.

Beruntung sang pria mendapatkan penanganan cepat diberi obat penurun tensi sebelum terjadi kerusakan organ. Dikutip dari Live Science pada Senin (13/5/2019), sang pria diperbolehkan pulang dengan kondisi tekanan darah 152/76 mm Hg.

Baca juga: (fds/up)