Jumat, 05 Jul 2019 19:20 WIB

6 Warna Sperma dan Artinya Bagi Kondisi Kesehatan Pria

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi warna sperma. Foto: iStock Ilustrasi warna sperma. Foto: iStock
Jakarta - Bagi pria kondisi kesehatan sperma sangat berkaitan dengan kesuburannya. Namun demikian tanpa melakukan pemeriksaan laboratorium seseorang mungkin akan kesulitan untuk mengetahui detail dari hal tersebut.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sperma dengan cepat? Menurut beberapa ahli lihat dari warnanya. Warna sperma bisa jadi petunjuk apakah seorang pria ada penyakit atau mengonsumsi makanan tertentu.

Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut 6 warna sperma dan artinya:


1. Bening

Dikutip dari Healthline warna sperma yang bening kemungkinan karena cairan air mani cenderung encer. Hal ini normal terjadi dan tandanya seorang pria sehat.

2. Putih

Warna sperma putih menurut seksolog dr Andri Wanananda, MS, dari Universitas Tarumanagara juga adalah warna yang normal bagi sperma sehat.

3. Abu-abu

Warna sperma abu-abu bisa jadi tanda kalau cairan air mani cenderung lebih kental dan ini adalah hal normal. Status kesuburan pria yang spermanya bening, putih, atau abu-abu tidak bisa diketahui secara kasat mata.

"Air mani (sperma) encer dan bening secara kasat mata belum bisa memastikan apakah sperma mandul. Perlu analisa laboratorium untuk mengetahui jumlah spermatozoa, motilitasnya (gerak) dan bentuknya," kata dr Andri beberapa waktu lalu.

4. Kuning

Sperma agak kuning bisa jadi tanda kalau seseorang mengonsumsi makanan tinggi sulfur seperti bawang atau brokoli. Namun bila warna kuningnya pekat menurut dr Andri bisa jadi ini tanda ada peradangan atau infeksi.

5. Merah

Warna sperma kemerahan kemungkinan tanda tercampur darah. Hal ini bisa disebabkan penyakit mulai dari infeksi, kanker, hingga cedera akibat sesi bercinta yang terlalu intens. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter bila menemui warna sperma berwarna kemerahan.

6. Coklat

Warna sperma coklat kehitaman juga jadi tanda kalau air mani tercampur darah. Ini terjadi karena warna merah darah pada berubah hitam ketika dibiarkan lama terpapar oksigen. Penyebabnya sama seperti sebelumnya bisa karena penyakit infeksi, kanker, hingga cedera

Simak Video " Seberapa Amankah Penggunaan Pil KB untuk Pria?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)
News Feed