Minggu, 21 Jul 2019 22:57 WIB

Dorongan Seksual Remaja Bikin Ortu Cemas? Ini Saran BKKBN

Rosmha Widiyani - detikHealth
Remaja pada masa pubertas rentan mengalami berbagai goncangan (Foto: Pradita Utama) Remaja pada masa pubertas rentan mengalami berbagai goncangan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Dorongan seks di masa puber bisa menjadi masalah bila penyalurannya tidak tepat. Ada yang menyibukkan diri dengan kegiatan positif, tapi ada juga yang mencari pelampiasan dengan cara negatif seperti seks bebas.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan buah hatinya yang puber. Perhatian orang tua memungkinkan anak tumbuh dewasa dengan baik, sehat, dan merasa dicintai.

"Perhatikanlah anak-anak yang sedang puber dengan baik. Jangan sampai terjadi salah asuh atau kurang kasih sayang, sehingga mereka tidak selektif memilih teman atau orang dekat dalam pergaulan," kata Hasto.



Perhatian dan kasih sayang orangtua menyebabkan anak nyaman bertanya segala hal, termasuk yang sifatnya pribadi misal tentang dorongan seks. Orang tua tentunya harus mendengarkan dan menanggapi dengan baik, supaya anak tidak merasa dicuekin.

Penjelasan yang akurat dan terpercaya dari orang tua, juga memungkinkan anak tidak mencari alternatif jawaban lain yang tidak bisa dipercaya. Anak juga tak tertarik dengan mencoba pengalaman terkait seks yang bisa merugikan masa depannya.



Kiat Edukasi Seks Sejak Usia Dini:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed