Kamis, 15 Agu 2019 18:35 WIB

Perlu Tahu, Ini Penyebab Libido Naik-turun pada Wanita

Michelle Natasya - detikHealth
Libido naik turun juga dialami oleh wanita (Foto: iStock) Libido naik turun juga dialami oleh wanita (Foto: iStock)
Jakarta - Libido atau hasrat seksual pada wanita bisa saja berubah tidak menentu. Di suatu saat bisa naik, di lain waktu bisa turun. Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi naik turunnya libido para wanita?

"Psikologis wanita emang beda dalam menyikapi sesuatu. Emosinya lebih halus. Dengan perasaan ini banyak pengaruh lingkungan yang pengaruhi gairahnya," kata dr. Grace Valentine, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah.



Ada beberapa faktor yang mempengaruhi libido wanita menurun.

1. Faktor fisik

- Vagina yang kering karena kurangnya foreplay sehingga rasa nyeri dirasakan saat dilakukan penetrasi. Jika hal ini terjadi, kedepannya seorang wanita jadi takut dan trauma.

- Dinding vagina yang menipis umumnya dirasakan oleh wanita yang sudah menopause. Hormon estrogen menurun sehingga vagina terasa nyeri.

- Kelelahan

2. Faktor emosional

Stres, marah, sedih, frustasi juga dapat membuat hasrat seksual berkurang. Untuk menangani libido yang menurun, dr Grace mengatakan penting bagi para wanita untuk terbuka dan berbagi kekhawatiran baik kepada pasangan maupun dokter.

"Harus tahu dulu permasalahannya yang mana, pemicunya apa. Bisa konseling ngobrol dari hati ke hati. Terbuka dengan pasangan ataupun dokter juga bisa," pungkasnya.



Simak Video "Ketika Anak Beranjak Remaja Minum ASI, Apa Efeknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)