Rabu, 04 Sep 2019 20:39 WIB

6 Hal Unik yang Bisa Terjadi Saat Orgasme

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Orgasme kerap memicu reaksi yang tak biasa (Foto: iStock) Orgasme kerap memicu reaksi yang tak biasa (Foto: iStock)
Jakarta - Orgasme terjadi baik pada pria dan wanita, namun kita lebih mengenal istilah ejakulasi jika terjadi pada pria. Orgasme rupanya tak hanya menyebabkan rasa puas saja, namun juga bisa menyebabkan hal-hal lain yang cukup unik dan aneh.

Dirangkum dari HuffPost, saat seorang orgasme bisa mengalami hal-hal aneh dari pusing hingga terasa seperti flu, dan beberapa hal lainnya berikut ini:



1. Pusing

Saat memuncak, kamu akan merasakan perasaan senang, puas, dan tiba-tiba pusing melanda. Rasa pusing pasca orgasme merupakan hal yang umum terjadi saat pria orgasme dan pengidap migrain, menurut Mayo Clinic.

Rasa pusing ini tak lama, hanya dalam beberapa menit saja bisa hilang. Belum jelas mengapa hal ini terjadi, namun beberapa ahli menyebutkan ada kaitannya dengan lonjakan adrenalin di dalam tubuh saat seks.

Meski tak berbahaya, akan tetapi dalam beberapa kasus bisa saja menjadi tanda dari masalah kesehatan. Terutama jika selanjutnya kamu mengalami muntah dan tegang di leher.

2. Menangis

Orgasme bisa bikin emosional? Sangat bisa, bahkan hingga air mata tiba-tiba mengalir usai kamu mengalami orgasme. Tapi alasan di baliknya tak banyak yang yakin, mereka menyimpulkan bisa jadi karena perubahan psikologis dan fisiologi yang terjadi saat berhubungan intim.

Menangis saat orgasme dikenal dengan istilah postcoital dypshoria. Ada perasaan yang pada umumnya mengikuti seperti sedih atau kewalahan, bukan berarti ada masalah dengan pasanganmu.

3. Heboh

Saking puas dan terasa sangat luar biasa, orgasme bisa membuatmu super heboh. Bahkan hingga tahap yang cukup berlebihan dan intense.

Pada kondisi ini mood meningkat dan semakin merasa positif, serta rasa percaya diri yang meningkat. Belum tahu apa yang memicunya namun reaksi-reaksi ini jelas berbeda tiap orang.



4. Bersin

Para peneliti masih belum yakin mengapa ada beberapa orang yang bersin saat orgasme. Namun kemungkinan ada kaitannya dengan sistem saraf autonomous yang bertanggung jawab atas refleks seperti bersin dan juga rangsangan seksual.

Mereka menyimpulkan bahwa sistem ini kemungkinan 'jadi' kebingungan di otak saat lonjakan orgasme.

5. Kaki gemetar

Banyak wanita yang mengeluh kaki gemetaran usai orgasme. Saat klimaks, tekanan bertumpuk di otot kita dan tidak hanya di area kelamin saja.

Saat seks usai, keram, gemetar atau kontraksi bisa terjadi. Untuk mengatasinya cobalah meminum air dan memakan makanan mengandung potasium seperti pisang, alpukat atau yogurt.

6. Terasa seperti mau flu

Post-orgasmic illness syndrome (POIS) adalah kondisi langka di mana pria mengalami gejala-gejala seperti flu, yakni demam, lesu dan hidung tersumbat usai ejakulasi. Belum diketahui apa penyebab POIS, namun para peneliti menduga ada kaitannya dengan gangguan autoimun atau alergi semen, menurut Genetic and Rare Diseases Information Center.

Sebuah riset dari Tulane University menyebutkan bahwa POIS berdampak negatif pada hidup pengidapnya dengan membatasi kotak seksual, merusak prospek romantis, menyiksa diri untuk menghindari erotisme dan merusak jadwal.



Simak Video "Perilaku Seksual Paling Aneh: Terangsang Mesin dan Siput "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)